Categories
Baby and Kids

Perkembangan anak usia 6-9 bulan

Pembukaan

Perkembangan anak usia 6-9 bulan
Theradisha.com

Saya akan membahas perkembangan anak usia 6-9 bulan .Anak saya kini sudah berusia 9 bulan dan beberapa hari mendatang ia akan genap menjadi 10 bulan .

Perkembangan anak usia 6-9 bulan berbeda-beda tergantung dari usia saat di lahirkan dan kecukupan gizi nya ,namun anak yang cenderung terlambat dalam perkembangannya tidak berarti anak tersebut kurang gizi atau sakit ,ibu harus menanyakan hal tersebut kepada ahli nya guna mencari tahu apa yang terjadi dengan si kecil .

Perkembangan anak usia 6-9 bulan

Perkembangan Usia 6 bulan

  • Usia 6 bulan ini si kecil sudah masuk MPASI, dan pada saat ini adalah saat-saat tersulit saya karena si kecil tidak mau membuka mulutnya ketika jam makan tiba ,meski begitu akhirnya saya berhasil menemukan cara dan solusi agar si kecil mau makan , berat badan si kecil saat usia nya 6 bulan adalah 6900 gram atau 6,9kg ,kata dokter meski berat badan nya masih dalam garis normal namun sangat beresiko tinggi sekali untuk bisa turun di bawah garis normal ,apalagi saat itu si kecil hanya ASI eksklusif dan belum terbiasa dengan MPASI nya ,sebagai informasi pada saat lahir berat badan si kecil 2560 gram ,itu mengapa saya merasa sulit sekali menaikkan berat badan si kecil karena memang sudah kecil sedari lahir ,karena saya melahirkan saat usia kandungan 37 week 6 day .
  • Adapun berat badan normal untuk usia anak 6 bulan adalah 6-9,5 kg untuk bayi perempuan, sedangkan untuk bayi laki-laki berkisar 6,5-10 kg. Umumnya berat badan bayi 6 bulan bertambah sekitar 85-140 gram tiap minggunya.

Selengkapnya bisa lihat di motherandbaby

Dokter menyarankan untuk diberi susu formula untuk mendukung peningkatan berat badan nya ,namun karena si kecil selalu ogah-ogahan jika saya beri susu formula ,maka dari itu saya bekerja keras untuk bisa memberikan ASI eksklusif saja .

Untuk panjang badan anak saya pada usia 6 bulan adalan 63 cm ,kata dokter untuk menyeimbangkan berat dan panjang nya paling tidak anak saya harus menaikkan berat badan nya sekitar 1-1,5 kg lagi .

Panjang normal bayi perempuan adalah 61,2 -70,3 cm ,dan untuk laki-laki 63,3-71,9 cm .

  • Anak saya sudah bisa duduk tegak saat di dudukan sejak usia nya 5 bulan 2 minggu ,makanya saat makan ia sudah bisa duduk tegak tanpa ada sanggahan bantal atau apapun .
  • Sejak ia bisa tengkurap di usia nya 4 bulan ,namun belum bisa membalikkan badan nya sendiri ke posisi awal ,pada usia 6 bulan ia sudah bisa tengkurap sekaligus membalikkan badan nya sendiri ke posisi semula .
  • Ekspresi nya semakin kaya oleh senyuman yang terhias di wajah nya apalagi ketika saya memperlihatkan nya ke depan cermin

Perkembangan Usia 7 bulan

  • Di usia nya ke 7 bulan ia sudah bisa mengangkat badan nya untuk merangkak mundur dan sudah bisa berguling-guling.
  • Kalau pada usia 6 bulan ia hanya bisa tengkurap lalu membalikkan badan nya ,di usia 7 bulan anak saya sudah bisa berguling-guling ke sana kemari sampai ke ujung kasur hehe.
  • Kalau di ajak foto selfie berdua pakai kamera handphone ia sudah peka untuk langsung melihat layar kaca lalu tersenyum lebaaaaaaarrrrrr dan berekspresi menggemaskan ,meski memang sudah bisa tersenyum saat di foto ,pada saat usia 7 bulan ini lebih lebih ekspresif lagi ketika saya mulai mengajaknya tertawa dan tersenyum .
  • Ohh iyaa di usia ini anak saya sudah bisa tertawa terngekek-ngekek setelah di usia 6 bulan saya hanya berhasil membuat dia tertawa sebisanya tanpa mengeluarkan suara heheee ,makin gemas kalau dia tertawa sampai terngekek-ngekek .
  • Usia 7 bulan ini ,karena saya jarang keluar dan tidak melakukan sosialisasi kepada orang lain ,jadi ketika ada teman atau siapapun yang berkunjung ke rumah , si kecil langsung menangis dan memegang erat tubuh saya ,seperti ketakutan ,karena dianggap sebagai orang asing .

Perkembangan Usia 8 bulan

  • Di usia nya yang ke 8 bulan ini si kecil sudah bisa merangkak maju ke depan dan duduk tegak dengan sendirinya tanpa bantuan .

Baca Mainan penunjang perkembangan anak tentang cara saya menstimulasi si kecil untuk bisa merangkak maju dengan mainan nya .

  • Ketika usia nya 6-7 bulan saya sempat stress karena si kecil tidak mau membuka mulutnya ketika makan ,akhirnya di usia nya yang 8 bulan ini saya menemukan solusi anak susah makan baca selengkapanya yaa hasil dari coba-coba saya hehee .
  • Meski sudah bisa merangkak maju kedepan ,namun keseimbangan nya dalam merangkak dan duduk masih belum sempurna ,itu sebabnya saya harus ekstra hati-hati untuk mencegah si kecil terjatuh ke arah depan saat merangkak atau terjatuh tiba-tiba ke arah belakang saat si kecil duduk dari posisi merangkak nya .
  • Di usia nya yang ke 8 ini si kecil sudah bisa tepuk tangan sendiri dan hampir ketika menemukan sesuatu yang membuat dirinya senang ,dia selalu mengekspresikan nya dengan tepuk tangan .
  • Sudah bisa menyalakan dan memencet tombol on pada mainan musik nya .
  • Di usia ini ketika saya memberikan camilan khusus untuk seusia nya ,ia malah bermain-main saja dengan makanan tersebut ,mungkin belum paham kali yaa kalau itu makanan dan seharusnya di masukkan ke dalam mulut ,baru ketika saya membantu memasukan nya ia mulai meraba-raba rasa dan kemudian di telan nya .
  • Di usia ini saya mulai mengajarkannya minum menggunakan sedotan ,tapi si kecil hanya mengigit-gigit saja tanpa menyedotnya jadi saya rasa dia belum mampu menyedot ,dan ketika saya coba memendekan sedotan nya pun masih tetap belum bisa menyeruput .

sebagai informasi si kecil saat ini minum menggunakan mug yang ada corong karet nya sejak usia 5 bulan sampai saat ini .

Perkembangan Usia 9 bulan

  • Meski sudah usia 9 bulan gigi si kecil belum juga tumbuh ,ketika saya berkonsultasi dengan dokter ,dokter bilang tidak lama lagi akan tumbuh ,nggak sabar mau lihat senyum nya yang lebarr dengan 2 gigi nya di depan heheee .
  • Berat badan si kecil saat usia 9 bulan adalah 7350 gram ,panjang badan 68 cm ,lingkar dada 42,2 cm dan lingkar kepala 44,0 cm .
  • Ketika usia 8 bulan merangkak dan duduknya belum seimbang ,di usia 9 bulan sudah sangat sangat seimbang dan bahkan cepat sekali ,tanpa terjatuh hanya kejedot-jedot dikit karena saking cepat dan grasak grusuk hehe .
  • Di usia ini juga si kecil sudah bisa berdiri dengan berpegangan tentunya dengan pendampingan dari arah belakang karena kalau tidak ia akan terjatuh entah dari samping atau belakang .
  • Di usia ini si kecil sudah mau mendekat apabila di panggil ” sini-siniiiii” .
  • Dan akan mengikuti kemana pun saya dan abi nya berjalan ,ke toilet misalnya .
  • Si kecil sudah bisa merespon dengan cepat apabila saya mengatakan ” itu ada apa yang di atas ” ,dengan cepat mata dan leher si kecil langsung menuju ke arah di mana tangan saya menunjuk .
  • Di usia ini pula tangan si kecil sudah bisa mengarahkan jari saya untuk memencet mainan piano nya .
  • Dan mulai mengerti keadaan dan situasi ,kalau abi nya berangkat kerja ia sudah bisa menangis ,dan kalau abi nya pulang ia sudah langsung mendekat ke arah pintu untuk menyambutnya sambil merangkak dan tertawa ,heheeee
  • Di usia ini seharusnya sudah harus memulai MPASI yang bertekstur ,namun si kecil masih suka tersedak apabila saya beri makanan bertekstur ,dan lagi gigi nya juga belum tumbuh jadi saya pikir ,saya masih membutuhkan waktu beberapa minggu lagi untuk memberikan si kecil makanan bertekstur atau akan mulai dengan sedikit demi sedikit .

Kesimpulan Perkembangan anak usia 6-9 bulan

Nahhh ,sekian perkembangan anak saya usia 6-9 bulan ,perlu di perhatikan bahwa perkembangan setiap anak berbeda-beda yaa buu tidak bisa di setarakan ,namun ada batas normal dan tidak ,jadi jika di rasa si kecil pertumbuhan nya tidak sama dengan anak-anak seusianya ibu harus terlebih dulu mencari tahu batasan normal anak seusianya lalu kemudian jika memang perkembangan nya di bawah garis normal ,ibu bisa langsung konsultasikan dengan dokter yaa .

Terimaksih sudah membaca tulisan saya ,semoga bermanfaat ☺

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.