Categories
Informasi Japan Japan Experiences

PROSEDUR MENIKAH DI JEPANG

Pengalaman Menikah Di Jepang

Artikel kali ini saya akan membahas pengalaman saya dalam mengurus dokumen menikah dijepang

Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan akan menikah di negara jepang,tidak dihadiri orang tua,tidak ada dangdutan,tidak ada ratusan tamu undangan,hanya ada teman dan kerabat dekat yang sudah seperti keluarga sendiri.

saya dan suami baru mengenal satu sama lain sekitar bulan juli akhir dan dengan perkenalan yang singkat,suami langsung mengajukan proposal pernikahan hehe

karena ngebet kepingin nikah,akhirnya dengan berbagai macam drama,dan meminta persetujuan kedua orang tua masing-masing, kami memutuskan menikah di tanggal 11 bulan 11 ,persis seperti judul novelnya fiersa besari 11.11 yaa.

dan di hari baik yaitu hari jumat.

dengan bantuan teman-teman suami,mengurus berbagai macam tetek-bengek seperti makanan,dekorasi sederhana ruangan,fotografi,dan acara kecil-kecilan, pernikahan kami cukup menjadi pernikahan yang sederhan namun elegan.

sebelum akhirnya sah menjadi sepasang suami-istri,saya dan suami mengalami keribetan bin keruwetan bin riweuh dalam hal mengurus dokumen pernikahan di jepang, saya dan suami sama-sama warga negara indonesia jadi paling tidak ,mungkin tidak akan ser-riweuh pernikahan beda negara yang di laksanakan bukan di negara asal.(paham kan yaa maksudnya ?,jadi gini orang cina nikah sama orang arab di jepang ,gitu lohh maksudnya)

Langkah 1 Mengurus dokumen menikah Di Jepang (Menyiapkan berkas dari Indonesia)

jadi mengurus dokumen menikah dijepang yang surat-surat nya di persiapkan dari indonesia adalah :

  1. Akta kelahiran, asli dan fotokopi (kertas A4).
  2.  Kartu Keluarga, asli dan fotokopi (kertas A4).
  3. Surat ijin menikah dari Orang Tua, asli dan diketik di atas kertas segel atau dengan kertas biasa bermaterai Rp.6.000 (kertas A4). (contoh)
  4. Surat Keterangan untuk Menikah, asli, dari Kelurahan. (contoh)
  5. Surat Keterangan Asal Usul, asli, dari Kelurahan. (contoh)
  6. Surat Keterangan Tentang Orang Tua, asli, dari Kelurahan. (contoh)
  7. Surat Persetujuan kedua mempelai. (contoh)
  8. Paspor asli dan fotokopi paspor halaman depan dan halaman visa (kertas A4).
  9. Mempunyai visa yang masih berlaku dan yang bersangkutan berada di Jepang.
  10. Surat cerai (bagi duda/ janda).
  11. Fotokopi Residence Card Jepang / KTP Indonesia bagi yang tinggal sementara, hal depan dan belakang (kertas A4)
  12. Kedua mempelai datang langsung ke KJRI Osaka

dengan kurangnya pengetahuan pihak KUA di tempat asal saya, yang mana tidak mengetahui bahwa menikah di luar negeri itu bisa, saya sempat mengalami berbagai macam kendala seperti ”kita nggak bisa ngeluarin surat-surat nya buu,kan harusnya mempelai nya datang ke KUA terus nikah”” katanya begitu, ditambah dengan berbagai keribetan lain-lainnya.

setelah tawar-menawar via telpon akhirnya dokumen jadi dalam waktu sekitar 1-1,5 bulan lamanya termasuk pengiriman indonesia-jepang dengan EMS.

Alasan Menikah di Jepang

ohh iya, sebelumnya ,mengapa kami tidak menikah di indonesia ?

alasannya adalah, saat itu saya masih dalam masa kontrak kerja yang tidak diperbolehkan nya pulang lebih dari 6 hari .

yaa masa kan,mau nikah cuma pulang 6 hari,akad nikah dan acara  nya ajah bisa 1 hari penuh ,belum persiapan segala macam harus ini dan itu butuh proses dan memakan waktu.

dan kami tidak bisa menunda menikah sampai masa kontrak kerja saya habis, yang saat itu masih tersisa 3 tahun masa kontrak.

maklum ngebett !!!

Langkah 2 Mengurus dokumen menikah dijepang (Membawa dokumen ke KJRI Osaka)

setelah dokumen yang akan dibawa ke osaka siap,akhirnya kami berdua pergi ke osaka untuk mengurus dokumen menikah dijepang dan mendapatkan dokumen Acknowledgement Letter for Marriage untuk nanti nya akan digunakan sebagai syarat mendaftarkan pernikahan kami di shiyakusho

kenapa perlu didaftarkan shiyakusho ?

karena untuk mendapatkan buku nikah dari KUA di indonesia melalui KJRI osaka dibutuhkan surat yang dikeluarkan oleh shiyakusho ,dan lagi sebagai dokumen sah untuk di ajukan ke pihak kantor yang menerangkan telah terjadinya pernikahan antara kami berdua dan berbagai keperluan lain nya di jepang.

ketika di osaka dan mengajukan izin menikah di jepang ,pastikan kita mendapat Acknowledgement Letter for Marriage untuk pihak calon suami dan calon istri,ketika itu karena tidak ada nya informasi saya hanya mendapatkan letter for marriage milik calon suami padahal saat kita mendaftarkan pernikahan di shiyakusho atau city hall di jepang dibutuhkan kedua nya dan tidak ada informasi apapun dari pihak KJRI,oleh sebab itu kami harus meminta lagi dan membutuhkan waktu lagi sekitar 1 minggu untuk proses serta pengiriman dari osaka ke aichi.

letter of marriage dari KJRI milik mempelai wanita

letter of marriage dari KJRI milik mempelai pria

Langkah 3 Mengurus dokumen menikah Di Jepang (Pernikahan dilaksanakan di Masjid Nagoya)

setelah di restui oleh pihak KJRI untuk menikah di jepang ,karena kami berencana akan menikah di masjid jadi saat nya kami menghubungi pihak masjid untuk meminta ketersediaan nya menjadi wali nikah saya.

ohh iyaa apabila ayah dari calon mempelai wanita masih hidup dan tidak bermasalah sebaiknya untuk wali nikah dilakukan oleh orang tua sendiri yaa,lain hal dengan saya karena sesuatu keadaan yang tidak memungkinkan saya akhirnya meminta imam masjid untuk menikahkan saya dengan calon suami.

dengan membawa pasport ,resident card ,foto 3×4 ,serta uang administrasi sebesar 20000 yen akhirnya imam masjid nagoya bersedia menikahkan saya di masjidnya.

deg-degan ,terharu,sedih,seneng,nggak nyangka itu adalah perasaan yang dirasakan saya saat itu dan mungkin juga suami,nggak lupa saya ber-video call ria dengan keluarga di indonesia agar meskipun tidak hadir dalam wujud nyata setidaknya mereka menyaksikan saya di persunting oleh pria pilihan Allah SWT.

imam masjid yang menjadi wali nikah saya adalah orang mesir jadi kami berkomunikasi menggunakan bahasa inggris,dan tidak seperti di indonesia dengan ijab kabul  ” saya nikahkan dan kawinkan…………..”‘ nggak gituuu yaaa..

tapi tetep mas kawin ,2 orang saksi harus tetep ada karena itu adalah syarat sah nya menikah ..

dengan bahasa yang santai tapi tetep deg-degan dan gemeter juga akhirnya kami sah menajdi suami istri ALLHAMDULILAH

setelah ijab kabul selesai kami menandatangani Marriage certificate,surat ini nantinya akan dibutuhkan pada saat kita mengajukan buku nikah di KJRI  dan dibutuhkan pula pada saat mendaftarkan pernikahan  di shiyakusho .

Mengurus dokumen menikah dijepangMengurus dokumen menikah dijepang

Langkah 4 Mengurus dokumen menikah Di Jepang (Pernikahan di daftarkan di Shiyakusho)

tiba saatnya pernikahan kami harus di daftarkan di shiyakusho

apa saja dokumen yang dibutuhkan pada saat di mendaftarkan pernikahan di shiyakusho :

  1. Pasport
  2. Resident card
  3. Acknowledgement Letter for Marriage
  4. Marriage certificate
  5. Akte lahir dari indoensia (saya tidak mengerti mengapa dokumen ini dibutuhkan)
  6. jyuuminhyou (住民票)

pada saat di shiyakusho,katakan kepada petugas bahwa akan mengurus pendaftaran dokumen pernikahan dalam bahasa jepang konin todoke 婚姻届 atau konin todoke jyuurishoumeisho 婚姻届受理証明書,dan dengan berbagai pertanyaan kapan dilaksanakanya pernikahan,dokumen apa yang di butuhkan dan lain-lain ,dengan menunggu sekitar 2 jam dokumen sudah siap di ambil.

saya meminta 3  dokumen untuk saya sendiri ,suami ,dan untuk syarat mengajukan buku nikah di KUA indonesia.

ohh iya sekalian mengurus ini ,kita pun ada baiknya sekalian mengurus kartu keluarga atau jyuuminhyou 住民票 yang sudah di update setelah pernikahan.

Langkah 5 Mengurus dokumen menikah Di Jepang (Mendaftarkan Pernikahan di KUA Indonesia)

naahhh setelah pendaftaran pernikahan kami selesai di daftarkan ke shiyakusho, tahap akhir dan yang paling penting adalah mendaftarkan penikahan kami di KUA indonesia,

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan ?

  • Kartu Keluarga atau jyuuminhyou yang sudah menyatu setelah pernikahan dari shiyakusho
  • Surat keterangan pelaporan pernikahan asli dari Shiyakusho konin todoke atau konin todoke jyuurishoumeisho.
  • Fotokopi paspor suami dan istri halaman pertama (kertas A4)
  • Fotokopi Residence Card Jepang, depan belakang (kertas A4), atau KTP Indonesia bagi yang tinggal sementara di Jepang
  • Satu lembar foto resmi setengah badan, berdampingan suami istri, ukuran 7cm x 4cm (latar belakang polos, tanpa bayangan), bukan hasil edit.
  • Marriage certificate dari masjid dilaksanakan nya pernikahan
  • Acknowledgement Letter for Marriage yang didapat dari KJRI osaka
  • Beli Letter Pack di kantor pos 1 lembar (bentuk amplop tebal A4 & sudah termasuk perangko 360 atau 510 yen) yang sudah di tulis alamat lengkap untuk pengririman ketika dokumen sudah selesai
  • Formulir bisa diambil di KJRI-Osaka atau kirimkan amplop dan perangko ke KJRI-Osaka.
  • Biaya 0 Yen.

Langkah Selesai

daaaaaaaaannnnnn dalam satu minggu kemudian……

Mengurus dokumen menikah dijepang

taraaaaaaaaa, alhamdulilahhhh sah dimata ALLAH dan  negara.

dengan berbagai kerumitan,tetapi bisa saya gunakan untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman yang berencana menikah di jepang.. semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga mengurus dokumen pasca melahirkan di jepang 

Leave a Reply

Your email address will not be published.