Categories
Japan Japan Experiences

Melahirkan caesar dijepang hanya membayar 7 juta ! (Pengalaman melahirkan sectio caesar di jepang)

 

Bagaimana rasanya melahirkan secara caesar dijepang ?

Artikel kali ini saya akan membahas pengalaman melahirkan caesar dijepang.

Setelah 7 bulan terlewati pasca melahirkan si kecil pada tanggal 31 mei 2019 lalu rasanya jadi kepingin melahirkan lagi heehee ..

Pengalaman Melahirkan caesar Dijepang

Meskipun rasa sakitnya luar biasa ,dan kalau boleh saya bilang mungkin melahirkan secara caesar lebih menyakitkan 100 kali lipat dibandingkan melahirkan dengan cara yang normal ,atau mungkin sebaliknya ?

karena kehamilan pertama langsung di anjurkan dengan cara caesar jadi saya tidak punya kesempatan untuk bisa melahirkan secara normal dan mungkin tidak akan pernah tahu bagaimana rasa sakitnya  melahirkan secara normal ,karena yang dari dokter obgyn saya bilang kalau sudah melahirkan secara caesar kemungkinan besar kehamilan yang selanjutnya pun akan dilakukan secara  caesar juga ,dengan kondisi rahim yang sudah di belah-belah sedemikian rupa pada saat caesar yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk bisa melahirkan secara normal .

yang kalau dipaksakan akan membahayakan ibu dan si janin ,Jadi dengan tekanan yang begitu besar saat melahirkan, resiko ruptur uteri atau rahim sobek bisa sangat besar sekali resiko nya ,dan apabila ruptur uteri tersebut terjadi si ibu akan mengalami pendarahan hebat ,kalau sudah begitu dokter harus dengan cepat melakukan Hysterectomy atau pengangkatan rahim .

sereeemmmmmmm 🙁

Jadi nggak kenapa pun jika Allah menghendaki saya lebih baik caesar lagi saja daripada beresiko besar apabila saya memaksakan diri untuk melahirkan secara normal, dan nantinya saya akan menulis lagi tentang pengalaman melahirkan caesar jilid dua hehe

Alasan mengapa memilih melahirkan caesar

Jadi kenapa saya melahirkan secara caesar ?

Air ketuban sedikit

Berawal saat kontrol usia kehamilan menginjak 7 bulan dokter mengatakan bahwa air ketuban saya jumlah nya sedikit ,jadi yang seharus nya usia 7 bulan kepala bayi bisa berputar-putar ke atas kebawah ,namun itu tidak terjadi dengan anak saya .

Pengalaman melahirkan caesar Dijepang

Saya di anjurkan minum air putih yang banyak supaya volume air ketuban nya menjadi bertambah dan si kecil bisa berputar-putar layaknya berenang di kolam rahim .

Karena pada saat itu masih berusia 7 bulan ,dokter pun dengan santai mengatakan ” nggak apa-apa masih 7 bulan ,masih banyak waktu ,banyakin yaa minum air putihnya “.

Ohhhhh iyaaa saya pun manggut saja ,dan sepulang dari kontrol saya pun langsung  membeli air mineral ukuran besar 2 botol .

Hari demi hari saya jalani dengan minum air putih secukupnya sesuai yang di anjurkan dokter ,sampai-sampai lelah rasanya kaki karena harus bolak-balik toilet untuk buang air kecil .

Tiba hari dimana usia kandungan saya menginjak 32 minggu dan waktunya kontrol .

Hmmmmmm, dengan berdecak dan bergumam sendiri ternyata dengan minum air banyak pun tidak cukup membantu untuk menggerakan si kecil agar berputar kebawah.

Posisi kepala janin sungsang

Dokter bilang air ketuban nya sudah cukup ,namun kepala si kecil masih dengan posisi yang sama saat saya kontrol beberapa waktu  lalu ,padahal apapun yang saya lakukan rasanya si kecil sangat  aktif sekali di dalam perut ,saya kira ia sedang  berputar-putar sambil bermain-main  ,ternyata saya salah .

Dokter menyarankan saya melakukan posisi sujud setiap hari selama 10 menit ,agar si kecil bisa berputar kebawah .

“2 minggu lagi kontrol yaaa ,kalau masih sungsang berarti harus caesar nanti kita lihat lagi ,kalau masih sungsang kontrol selanjutnya langsung bikin jadwal opp saja yaa “ kata dokter

Solusi agar janin tidak sungsang

Sepulang dari kontrol langsung cari-cari di youtub dan beberapa artikel yang berseliweran  cara agar janin tidak sungsang

  • Lakukan posisi child pose
  • Berdiri dengan satu kaki ke atas kaki
  • Yoga
  • Melakukan aktivitas ringan
  • Senam hamil
  • Urut
  • Jalan kaki

Dan saya memilih cara  yang disarankan dokter dan senam hamil melalui media youtube,

Hari demi hari kerjaan saya yaa melakukan posisi sujud ,kalau suami habis pulang kerja selalu bilang ” hari ini udah sujud belum ? ” ,yang padahal setiap shalat pun sengaja memanjangkan waktu sujudnya .

Datang waktu kontrol yang di nanti-nanti selama 2 minggu lamanya ,harapan saya dan suami si kecil sudah masuk ke bawah panggul mengingat di dalam perut ia sangat amat aktif sekali sampai-sampai saya kadang kesakitan dengan gerakan nya yang lincah.

Dan ternyata ..

Masih dalam posisi yang sama ,sama saat kontrol usia kehamilan 7 bulan dan sama saat kontrol kehamilan 2 minggu lalu .

Penentuan hari operasi caesar

Jadi mau di tanggal 31 mei atau di tanggal 6 juni operasinya ? Tanya dokter ,mengingat akhir-akhir ini si kecil sangat aktif dan kadang sampai kontraksi ,saya memilih di tanggal 31 takut kalau kontraksi nya berkepanjangan sedangkan posisi janin masih sungsang ,entah apa yang akan terjadi .

Sebenarnya suami lebih memilih sabar-sabar dulu ,usaha lagi siapa tahu nanti si kecil mau turun kebawah dibantu dengan usaha dan doa .

Pengalaman Melahirkan caesar Dijepang

Tapi saya tidak mau ,dan dokter pun menyarankan lebih cepat lebih baik mengingat kontraksi yang sudah sering terjadi dan saya pun kadang sulit berjalan bahkan sulit tidur, cemas ,takut karena kontraksi yang muncul sedemikian sering nya .

Akhirnya semua surat persetujuan di tanda tangani ,kamar sudah di booking ,pemeriksaan laboratorium pre operasi pun dilakukan hari itu juga .

Perasaan saat di vonis  melahirkan secara caesar

Jadwal operasi 2 minggu lagi antara senang si kecil yang ditunggu-tunggu waktu  kelahiran nya akhirnya datang juga ,dan cemas ,takut ,bingung ,campur aduk .

Mengingat tidak ada keluarga yang hadir menemani karena posisi saya yang memilih melahirkan di jepang dibandingkan di indonesia ,karena kalau saya memilih melahirkan di indonesia resiko nya adalah suami jadi  tidak bisa mendampingi karena harus bekerja  .dan saya lebih memilih ingin didampingi oleh suami .

Hidup di dunia itu penuh  pilihan ,dan diantara banyak pilihan harus merelakan salah satu nya atau salah dua nya .

Itulah hidup ,meski ada pilihan yang harus dikorbankan bukan berarti pilihan tersebut tidak ada dalam prioritas, hanya saja waktu tidak merestui untuk memilih kedua nya .

Terimakasih waktu ,saya belajar banyak dari bagaimana waktu itu penuh berharga .

Apa penyebab janin sungsang ?

ohhh iyaa sempat sharing juga dengan teman kakak saya yang memiliki riwayat melahirkan yang sama yaitu caesar.

Pengalaman Melahirkan caesar Dijepang

Yang kata teman kakak saya bilang kata nya bentuk rahim nya memiliki kelainan bentuk jadi sekeras apapun usaha untuk membuat janin turun ke panggul itu hanya berhasil tidak lebih dari 10% nyaa ,yaa walaupun kemungkinan dari kurang dari 10% keberhasilan itu tetap ada ,

Ketika saya tanya bentuk rahim nya memang bagaimana ? ,” bentuk nya seperti love gituu ” katanya .

Saya langsung teringat sekali dengan dokter di rumah sakit pertama kali kontrol kehamilan bahwa bentuk rahim saya memang berbeda dengan bentuk rahim kebanyakan ,setelah dokter menggambarkan,  yaa memang bentuk nya seperti love begitu ,beberapa kasus bahkan sulit hamil katanya entah apa yang menyebabkan itu terjadi saya tidak ” ngeh-” dengan penjelasan dokter mengingat dokter berbicara dalam bahasa jepang medis  ,saya pun manggut-manggut saja, mengerti sekena nya dan menanyakan yang kira-kira harus di waspadai .

Setelah cari-cari di brankas document, saya menemukan apa yang pernah dokter gambarkan bagaimana bentuk dari rahim saya ,

Pengalaman melahirkan caesar Pengalaman melahirkan caesar

Gambar berwarna merah adalah hasil dari apa yang dokter lihat mengenai bentuk rahim saya yang dilihat melalui USG Transvaginal .

Sempat syok juga ,tapi Alhamdulilah saya di beri kepercayaan untum bisa hamil dan memiliki anak oleh Allah .

Hari pelaksanaan Melahirkan secara Caesar Di Jepang

Singkat cerita ..

Hari H-1 operasi ,saya datang sendiri ke rumah sakit dengan membawa tentengan tas besar berisi baju-baju ,keperluan saya menginap selama 9 hari di rumah sakit .

Pengalaman melahirkan caesar

Pada saat menanda tangani surat persetujuan operasi ,saya diberitahu juga mengenai biaya yang dibutuhkan untuk paket operasi + menginap selama 9 hari di rumah sakit ,biaya nya sudah termasuk fasilitas kamar VIP dengan kamar dan toilet di dalam serta makan 3x/hari serta hadiah berupa tas besar berisi perlengkapan bayi baru lahir ,biaya nya akan saya tulis di akhir tulisan yaa 🙂

Ohhh iyaaa ,untuk jenis kamar karena termasuk paket jadi kita tidak bisa memilih untuk jenis VIP atau kamar biasa ,jadi apabila kamar VIP penuh secara otomatis kita akan di tempatkan di kamar biasa dengan 4 pasien/kamar dan harganya mengikuti kamar yang kita tempati.

Lanjut ….

Karena suami baru di ijinkan cuti besok nya saya pun pergi sendiri ke rumah sakit bermodalkan Bissmillah ..

sedih juga .. selama 9 hari di rumah sakit suami hanya boleh cuti pas hari H nya saja selebihnya menunggu libur kerja untuk menemani saya di rumah sakit .

Jadi dengan rasa sakit yang luar biasa berkali-kali lipat dari rasa sakit pada saat datang bulan  ,Sebenarnya saya butuh sekali ditemani untuk sekedar mengambilkan minum ,atau membantu bangunkan dari tempat tidur ,membantu membalikan posisi badan ke kanan-kiri ,namun karena saya hanya sendiri jadi itu saya lakukan sendiri ,suami hanya bisa bantu ketika malam sepulang dari kantor ,mau panggil mbak perawat buat bantuin rasanya enggan ,takut merepotkan.

Barang yang harus dipersiapkan saat melahirkan

Ohhh iyaaa sebelum nya saya akan share mengenai persiapan barang-barang yang harus di bawa untuk keperluan pasca operasi caesar yaa ,saya menyiapkan nya untuk 9 hari kedepan 🙂

  1. Baju kancing depan + celana jangan banyak-banyak tohh nanti akan minta tolong ke suami/keluarga untuk dibawakan baju yang baru dan yang kotor nya di bawa pulang untuk di cuci.
  2. BH menyusui ini penting saat akan melakukan IMD pada si kecil
  3. Pembalut nifas
  4. Sandal jepit karena RS tempat saya tidak menyediakan.
  5. Peralatan mandi dan skin care sehari-hari.
  6. korset, ini perlu banget karena untuk mengencangkan kembali panggul kita pasca hamil.
  7. Baju dan perlengkapan si kecil untuk di pakai pada saat kita check out dari RS
  8. Celana dalam nifas ,sebenarnya nggak wajib juga tapi kalau saya lebih suka pakai ini karena lebih praktis saat mengganti pembalut .
  9. Document lengkap.
  10. Handphone beserta charger dan headset .

Jumlah masing-masing item bisa di kondisikan sesuai berapa hari berada di RS yaa ..

Next,

Pada hari H tanggal 31 Mei 2019 ,dari mulai pagi dokter berkali-kali datang ke kamar saya untuk memastikan bahwa posisi  janin memang sungsang ,maklum tidak seperti di indonesia yang bebas memilih untuk melahirkan caesar atau normal .

Kalau di jepang ,jika tidak ada indikasi apapun melahirkan caesar tidak di anjurkan oleh dokter atau mungkin tidak akan di tangani juga .

dan setelah beberapa kali mengecek akhirnya dokter mulai pasrah ,dan mengatakan ” tidak berubah yaa posisinya ,jadi kita lakukan operasi hari ini yaa ” katanya ,namun tidak menyebutkan jam berapa ,bahkan tanya ke perawat pun mereka menjawab tidak tahu ,dan akan diberitahu ketika operasi akan dilakukan 10-15 menit lagi .

Kagettt donggg ..

Pertama kali melahirkan ,caesar pulak ,hanya di dampingi suami dan sahabat .. lalu operasi baru dikabarkan 10-15 menit sebelumnya ,persiapan mental nya kan butuh waktu yaaa..

Okeh tarik nafas panjang dan banyakin

shalawat dan istigfar ,

Jam 9 lewat

Jam 10 lewat belum ada kabar

Jam 11 lewat perawat bilang belum tahu ,dokter masih ada di poli menangani pasien

Jam 12 lewat belum ada kabar juga

Jam 13.00 ,perawat masuk dan bilang kita siap-siap ke ruang oprasi yaaa dokter sudah menunggu disana ,kaget sampai nggak bisa berkata-kata cuma bilang ” HAHH ? ” ,udah gitu ajah nggak mau panjang lebar tapi dengan jantung yang mungkin detakan nya sampai 90x/menit .

13.15 masuk ruang operasi di sambut dengan perawat dan dokter yang akan menangani saya lengkap dengan seragam steril nya .

Dengan tubuh yang hanya ditutupi oleh kain-kain hijau khas kain yang biasa ada di kamar operasi saya mulai dilakukan anastesi di tulang belakang saya ,dengan hitungan dosis yang sudah dokter tentukan .

Setelah dokter yakin bahwa anastesi nya memang bekerja dengan baik saya langsung di pasangi cateter urin dan diposisikan senyaman mungkin ..

Tidak boleh melihat ,arah depan saya di halangi oleh dinding kain agar tidak terihat apa yang sedang dokter lakukan .

Hanya tercium aroma daging panggang ,iyaa dokter melakukan operasi caesar mengunakan laser .. entah laser apa saya tidak paham ..

Tidak ada rasa sakit sama sekali saat proses berlangsung ,saya pun tidak henti-hentinya menyebut Asma Allah ,dan bacaan-bacaan Quran yang saya hapal .

Perawat yang tadi mengantar saya ke ruang operasi tidak henti-hentinya memegang tangan saya memastikan bahwa saya baik-baik saja secara mental ataupun kondisi sekasat mata.

Sebenarnya tidak sedang baik-baik saja ,saya butuh di dampingi suami ,namun dengan kebijakan dari RS tersebut suami tidak diperbolehkan masuk .

Saya takut dan cemas

Setiap proses yang dokter lakukan ,perawat dengan sangat baik memberitahukan tahapan demi tahapan setiap proses nya dan membuat saya tidak di hantui rasa penasaran juga .

Waktu menunjukan pukul 13.50 dan akhirnya terdengar suara tangis si kecil yang telah saya nantikan ,masih ingat betapa bahagia nya saya saat itu sampai entah berapa tetes air mata yang jatuh di ujung kedua mata saya .

Ia menangis ,ingin rasa nya saya peluk menenangkan dan menggengam tangan nya namun proses nya belum selesai ,dokter masih harus menutup luka operasi saya ,saya hanya bisa melihat nya saat perawat membersihkan si kecil dari sisi kanan saya .

Cantiknya

Lantunan doa yang terbaik tidak henti-hentinya saya panjatkan .

Kurang lebih pukul 14.20 operasi selesai dan saya di antar menuju ruang rawat inap untuk bertemu si kecil dan suami .

Bagaimana rasa sakit saat melahirkan secara caesar ?

Sampai pukul 18.00 efek anastesi nya masih bekerja jadi belum ada rasa sakit yang signifikan ,hanya saja saya belum bisa menggerakan ke 2 extremitas bagian bawah dari pinggang sampai ke telapak kaki ,tetapi di atas pukul 18.00 ,berkali-kali saya meminta kepada perawat untuk menambahkan obat analgesic nya supaya paling tidak saya bisa berbaring meski dengan sedikit rasa sakit ,namun tetap saja tidak menolong.

 

Saya tidak bisa tidur sampai 2 hari karena rasa sakit yang teramat .

Ohh iyaaa luka jahitan operasi caesar saya berukuran ± 13 cm vertikal ,dan sampai sekarang meski rasa sakit nya hilang namun berbekas dan kadang disertai rasa gatal .

Pengalaman melahirkan caesar Dijepang

Berapa hari untuk bisa berjalan setelah melahirkan secara caesar ?

Hari demi hari saya berjuang untuk bisa segera sembuh dan mandiri ,mengingat ketika pulang nanti saya harus mengurus si kecil sendiri dirumah hanya dengan bantuan suami .

H+3 saya sudah bisa bangun dari tempat tidur tanpa bantuan ,dan sedikit-dikit berjalan untuk latihan ke toilet .

Lalu keesokan hari nya saya sudah harus bisa mandiri dikarenakan si kecil sudah akan bisa tidur satu kamar dengan saya .

H+5 dan selanjut nya ,tidak ada keluhan berarti saya sudah bisa berjalan layaknya orang normal tanpa tertatih-tatih.

H-2 sebelum pulang ke rumah ,dokter kembali melakukan USG Transvaginal untuk memastikan bahwa rahim saya baik-baik saja tidak ada pendarahan atau plasenta yang tertinggal .

Dan berat badan saya H+7 pasca melahirkan turun 6 kg.

Dari hari ke hari sebagai ibu baru saya banyak mendapatkan ilmu tentang berbagai macam cara merawat si kecil ,tentang cara menyusui yang baik ,merawat tali pusar ,memompa ASI dan lain-lain .

Berapa biaya melahirkan secara caesar di jepang ?

Seperti janji saya di akhir tulisan saya akan memberitahu biaya operasi caesar di jepang paket kamar VIP dengan rawat inap 9 hari ,sebenarnya biaya paket caesar adalah 50 juta yen ,dan biaya paket melahirkan normal 59 juta yen .

Namun karena sistem di jepang ,bahwa biaya melahirkan mendapat tunjangan dari pemerintah sebesar 42 juta yen ,saya hanya membayar sisa nya saja .

Pengalaman Melahirkan Dijepang Total biaya tagihan saya adalah sebesar 49.3870 Yen karena di potong tunjangan pemerintah sebesar 42.0000 yen jadi saya hanya membayar 73.870 yen saja

Untuk fasilitas kamar VIP dan makan 3x/hari belum lagi ada buah tangan dari rumah sakit ,dengan biaya segitu menurut saya sangatlah murah ,mengingat perkiraan saya dan suami akan menguras sekitar 20-30 juta yen .

Ohh iyaaa ini loh yang saya maksud buah tangan dari rumah sakit ekisaikai hospital

Di dalamnya ada :

Popok new born 100 pcs

Tisu basah 2 kotak

Handuk kecil 2 pcs

Set perawatan tali pusar

Pembalut nifas 3 kotak

Celana dalam nifas 2 pcs

Belt pasca melahirkan ,mirip korset 1 pcs

Botol susu 1 buah

Breast pad 1 kotak

Clean cotton 1 kotak

Itu semua gratis saya dapatkan dari rumah sakit ,Alhamdulilah.

Penutup Pengalaman melahirkan secara caesar

Sekian yang bisa saya share tentang bagaimana pengalaman melahirkan dijepang ,saya melahirkan secara caesar di jepang ,semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung dan melahirkan di jepang juga harus segera mengurus dokumen pasca melahirkan yaa Mengurus dokumen melahirkan dijepang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.