Categories
Baby and Kids

Daftar mainan untuk penunjang perkembangan anak

Mainan perkembangan anak
Theradisha.com

Artikel kali ini saya akan membahas mainan penunjang perkembangan anak yang dapat menunjang kecerdasan nya ,karena manfaat mainan selain untuk membuat si kecil senang ,seharusnya bisa untuk menunjang kecerdasan si kecil .

Jadi disamping kualitas ,ayah dan ibu seharusnya memilah dan memilih mainan yang memang di anggap bisa berguna untuk mengembangkan kemampuan anak baik secara motorik maupun sensorik .

Nah berikut adalah daftar mainan penunjang kecerdasan anak saya ,yang saya rasa bisa mendukung perkembangan si kecil :

Main bermusik
  • Alat musik ,atau mainan bersuara atau bermusik untuk menilai seberapa cepat respon si kecil

Tujuan saya membelikan mainan ini adalah untuk melihat bagaimana respon si kecil terhadap suara ,tentunya untuk melihat apakah tidak ada kelainan dalam pendengaran ataukah si kecil hanya asyik sendiri dengan mainan lain tanpa tertarik dengan suara yang di mainkan oleh mainan tersebut ,tentu kalau itu terjadi seharusnya sih ayah dan ibu berwaspada .

Manfaat musik sendiri untuk anak adalah membantu kepekaan mendengar dan merespon ,si kecil bebas mengekspresikan dirinya .

Karena setiap saya menyalakan mainan tersebut sambil berjoget-joget ria dan menggerakan tangan dan kaki nya ke berbagai arah ,gerakan ini pun turut di ikuti oleh si kecil sehingga kemampuan motorik si kecil akan semakin berkembang .

  • Theeter untuk menunjang pertumbuhan si kecil
Theradisha.com

Mainan penunjang kecerdasan anak selanjutnya adalah theeter ini biasa saya sebut mainan gigit-gigit ,karena berfungsi untuk menunjang pertumbuhan gigi si kecil .

Bukan hal yang di rahasiakan lagi kalau anak akan memasukan semua barang yang ia pegang ke dalam mulutnya ,Perilaku itu merupakan bagian dari fase oral. Fase oral adalah fase yang dilalui anak sejak bayi hingga balita, ketika anak mencari dan mendapat sensasi kenikmatan di mulutnya.

Tidak ada yang perlu di khawatirkan karena setiap anak pasti melewati fase oral ini .

 

Nah saran saya ketika membelikan mainan theeter ini harus lah yang free BPA sama seperti kita memilih untuk botol susu si kecil ,dan saran yang kedua setiap merk theeter tentu memiliki bentuk dan bahan dasar yang berbeda ,untuk bentuk pilihlah yang di dalam nya terdapat bentuk yang bermacam-macam seperti bentuk bola yang bisa di gelindingkan untuk membantu si kecil merangkak .

Saya pun menggunakan ini ketika memacu si kecil merangkak maju ,maklum awalnya ia hanya bisa merangkak mundur ke belakang .

Berkat mainan tersebut si kecil jadi bisa merangkak hanya dalam beberapa kali stimulasi saja.

  • Mainan bergambar untuk menambah kosakata dan pengetahuan tentang objek yang dilihatnya
#mainan penunjang kecerdasan anak

Untuk mainan bergambar adalah mainan yang paling dapat memicu perkembangan si kecil ,selain memiliki berbagai macam karakter warna ,bentuk dan desain yang berbeda mainan ini akan sangat bermanfaat untuk menunjang speech anak .

Ketika memberikan mainan bergambar ini ada banyak sekali kata-kata yang keluar dari mulut saya seperti ” binatang yang berhidung panjang apa ?” ,atau ” binatang yang menyukai buah pisang apa ?” dan masih banyak lagi .

Karena salah satu faktor utama anak mengalami speech delayed adalah ketika orang tua tidak banyak melakukan komunikasi dua arah kepada si kecil sehingga speech delayed terjadi .

Nah mainan bergambar ini sangat saya rekomendasikan untuk penunjang si kecil dalam berkomunikasi ,selain mainan bergambar buku cerita pun bisa dipertimbangkan apabila si kecil sudah bisa fokus terhadap apa yang kita ucapkan .

  • Mainan ber-tekstur untuk melatih kemampuan sensoriknya
#Mainan bertekstur penunjang kecerdasan anak

Selain membuat si kecil senang ,permainan bertekstur ini dapat membantu perkembangan sensorik anak ,ketika tangan si kecil memegang benda betekstur kenyal ,bergerigi ,dan lembut ,ini tidak hanya membuat si kecil senang namun juga memuaskan saraf-saraf sensorik yang ada pada si kecil .

Anak saya pun seperti itu ,benda apapun yang ada di depan nya selalu ingin ia pegang ,dan demi kepuasan sensorik nya saya memberikan mainan yang bermacam-macam tekstur dan bentuk nya .

Bisa lihat di popmama untuk mengetahui jenis-jenis mainan bersensori untuk anak .

  • Mainan balok untuk melatih keseimbangan dalam menyusun sebuah benda
Mainan perkembangan anak
#mainan penunjang kecerdasan anak

Mainan balok ini selain melatih motorik si kecil juga melatih otak si kecil untuk di tuntut mampu menumpuk balok satu demi satu tanpa terjatuh .

Di jepang sendiri ketika anak berusia 16 bulan ia di haruskan bisa menata balok agar tidak terjatuh ,itu sebab nya saya membelikan mainan seperti ini untuk mengajarkan si kecil bagaimana agar mampu menjaga keseimbangan mainan nya .

Untuk membeli mainan balok seperti ini hal yang harus juga diperhatikan adalah pemilihan free BPA dalam mainan ini ,karena si kecil cukup sering memasukan mainan ke dalam mulutnya ,mainan yang free bpa adalah yang paling di anjurkan .

  • Mainan berwarna untuk mengajarkan objek warna yang dilihatnya
Theradisha.com

Meski setiap mainan pasti memiliki warna ,namun saya memilih untuk membelikan mainan yang memiliki warna tunggal untuk mencegah si kecil bingung ketika saya menunjukan satu buah warna .

Permainan berwarna sendiri tentu akan membantu si kecil dalam mengingat nama-nama warna dan tentu nya melatih saraf penglihatan nya terhadap warna yang dilihat .

Selain membantu si kecil dalam pembendaharaan nama-nama warna juga membantu si kecil mengembangkan indra penglihatan .

Jika si kecil tidak dapat menyebutkan nama warna di usia yang seharusnya sudah bisa ,para ayah dan ibu harus perlu khawatir dan segera konsultasikan pada ahli nya yaaa .

  • Mainan boneka tangan untuk mencegah speech delayed dan mengajarkannya berkomunikasi 
Mainan perkembangan anak
Theradisha.com

Selain ada mainan bergambar di atas untuk menunjang perkembangan anak dalam bahasa dan berkomunikasi ,saya menggunakan mainan ini ketika bersama si kecil .

Ada banyak hal yang saya ceritakan dan saya nyanyikan menggunakan boneka tangan ini ,selain menghibur si kecil ,si kecil juga pasti nya akan berusaha mencerna apa yang saya ucapkan dan saya pikir ini bisa jadi bahan mainan untuk mencegah si kecil speech delayed atau terlambat berbicara .

Di umur yang ke 9 bulan ini karena saya dan abi nya selalu berkomunikasi dalam hal apapun si kecil juga menjadi banyak ngoceh-ngoceh sendiri hehee .

Sekiaaann artikel saya dalam hal memilih mainan untuk anak ,dalam hal memilih mainan tentunya yang kira nya bermanfaat yaa ibu ,mainan yang saya beli untuk si kecil bukanlah mainan mahal namum yang memiliki arti tersendiri untuk saya dalam membantu pertumbuhan si kecil .

 Baca Juga  Perkembangan anak saya usia 6-9 bulan

Terimakasih sudah berkunjung dan silakan di share 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.