Categories
Islami

Kegiatan #DirumahAja yang berbuah pahala

Selamat Datang Di Indonesia

Sejak beberapa waktu lalu warga +62 selalu mengkampanyekan kata #DirumahAja melalui media sosial twitter, instagram ,facebook dan bahkan pertelevisian di indonesia pun turut berkontribusi membantu pemerintah dalam memutus rantai pandemi .Namun meskipun #dirumahAja ,bukan berarti tidak ada hal yang bisa dikerjakan bukan ? ,ada kegiatan berpahala meski hanya di lakukan #DirumahAja .

Jika seseorang berada di suatu tempat yang ada banyak ribuan orang saling membantu bersolidaritas antar sesama dan melakukan aksi sosial guna menghandle masa-masa yang sulit ini ,saya akan memberikan selamat bahwa ia kini sedang berada di indonesia .

Bayangkan saja ,belum genap satu bulan pasca pemerintah mengumumkan ada terdampak ” makhluk kecil ” di indonesia ,semua orang berbondong-bondong ” berebut pahala ” melakukan aksi solidaritas nya .

Kegiatan baik berbuah pahala

Bahkan ada yang membuat ide dengan segala kreatifitas nya berhasil menggalang dana sampai milyaran hanya dalam waktu beberapa hari saja .

Kegiatan baik berbuah pahala
Konser musik #DirumahAja

Untuk yang bertentangan paham dengan definisi #konsermusik ,Jangan melihat sisi #konsermusik nya ,tapi lihatlah aksi sosialnya ,kamu nggak berhak berspekulasi apa-apa dari ide mereka ,paham kan ya ?

Melakukan kegiatan berpahala yang berbeda

Sebenarnya saya sedikit ” iri ” kepada beberapa orang yang mempunyai power kuat dan nama yang besar ,untuk bisa menggalang kegiatan solidaritas kemanusiaan melalui donasi di berbagai macam lembaga berbasis kemanusiaan seperti Kitabisa ,Dompetdhuafa, Aksi Cepat Tanggap dan lain-lain .

Entah berapa banyak pahala yang mereka dapatkan dari niat baik dan usaha yang mereka lakukan untuk membantu bahu membahu di masa-masa ini .

Jika saya memiliki nama yang besar seperti mereka mungkin saya pun akan melakukan hal yang sama karena pasti ada ” buah yang manis ” yang Allah hadiahkan untuk saya .

Namun ,meski saya tidak memiliki magnet kuat untuk bisa menarik simpati ribuan orang agar mau berdonasi dengan nama saya ,setidaknya saya masih bisa mengajak siapapun yang membaca tulisan saya untuk mau membagikan tulisan saya tentang kegiatan #DirumahAja yang bisa berbuah pahala ,sudah tahu dong kalau ada hadits yang mengatakan :

Barangsiapa menunjukkan (orang lain) kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 5007

Itu sebabnya meski saya tidak bisa mengajak kebaikan untuk bisa mengajak orang lain berdonasi melalui nama saya ,paling tidak saya masih bisa menulis yang harapan nya bisa mengajak orang lain untuk melakukan kegiatan berpahala meski #DirumahAja .

Kegiatan berpahala meski #DirumahAJa

Nahh beberapa kegiatan yang baik yang bisa berbuah pahala meski #DirumahAja .

  • Shalat dhuha dan shalat sunnah lain nya

Kalau di antara kalian ada yang kesulitan untuk melakukan sedekah dalam bentuk uang ,namun menginginkan pahala bersedekah ,shalat dhuha bisa jadi hal yang bisa dilakukan untuk meraih ” buah manis “ dari Allah .

kalau kerja yang mengharuskan berangkat ke kantor pagi-pagi dan nggak sempat shalat dhuha ,sekarang mumpung lagi #DirumahAja ,manfaatkan lah waktu ini dengan menyempatkan diri untuk shalat dhuha dan shalat sunnah lainnya ,sayang sekali waktu luang dilewatkan hanya dengan rebahan saja ,dengan shalat dhuha beranjak sedikit minimal 2 rakaat ,teman-teman sudah bisa mendapatkan pahala setara dengan bersedekah untuk 360 persendian yang ada di tubuh kita .semangat !

  • Beristigfar

Nah #DirumahAja daripada ghibah ,jadikanlah dzikir ,istigfar dan shalawat penghias dari lidah teman-teman yaa .

Nabi saw. bersabda, “Setiap penyakit itu ada obatnya dan obat-obatnya dosa adalah istighfar/meminta ampunan.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ad-Dailami dari sahabat Ali r.a.

Ada yang berpikiran tidak punya dosa sama sekali ?

Nggak dong kan ,setiap manusia pasti memiliki dosa namun mungkin kadar nya saja berbeda ,kalau saya sudah tidak bisa di bayangkan lagi apabila dosa saya tampak dan terlihat pada wajah saya ,dan pembersih nya bukan skin care mahal ,tapi istigfar .Insha Allah

  • Shalawat

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]

Dari ayat di atas ,Allah dan Malaikat saja bershalawat atas Nabi ,kita sebagai manusia biasa malu nggak sih kalau melewatkan shalawat di beberapa waktu luang ? ,ayok bershalawat .

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. an-Nasa’i, III/50 dan dinyatakan Shohih oleh Syaikh al-Albani).

  • Dzikir

Ada yang mengalami nggak ,kalau shalat di kantor selesai shalat tidak menyempatkan berdzikir karena harus buru-buru kembali kerja ?

Saya pernah mengalami nya ,bahkan mungkin sering kalau di tempat kerja berdzikir seusai shalat terkadang terpaksa dilewatkan ,sebagai gantinya sambil berjalan menuju ruangan tempat kerja komat kamit sendiri buat berdzikir .

Nahhh mumpung banyak waktu luang saat #DirumahAja seusai shalat atau sambil melakukan hal apapun banyak-banyak lah menyebut nama Allah ,waktu di rumah sangat banyak bukan ?, sebenarnya lebih dianjurkan adalah mengingat Allah dalam keadaan apapun bukan hanya sekedar saat #DirumahAja karena sayang lohh kalau di lewatkan hanya sekedar nonton televisi saja .

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allâh, dzikir yang sebanyak-banyaknya. [Al-Ahzâb/ 33: 41]

  • Habiskan waktu dengan keluarga

Kegiatan berpahala lagi adalah ketika libur kantor ,saat dimana saya ,suami bisa meluangkan waktunya penuh untuk anak ,pernah dengar nggak kalau menikah adalah ibadah seumur hidup ?

Dan sebuah kalimat diatas adalah yang memotivasi saya untuk tidak menunda pernikahan ketika suami datang melamar .

Pernah dengar juga nggak waktu Sayyidah Fatimmah RA , putri Rasulullah datang kepada Baginda meminta budak untuk meringankan pekerjaan rumahnya karena kelelahan ?, Namun apa jawaban dari Rasulullah SAW ..

Wahai Fatimah, bila Allah swt menghendaki benda tersebut bergerak sendiri menggilingkan gandum untukmu, dia (raha) akan bergerak, tapi Allah swt ingin menulis kebaikan untuk mu, melebur dosa-dosa mu,dan mengangkat derajat mu.”

“Wahai Fatimah, tiada istri yang menggiling tepung untuk suami dan anaknya kecuali Allah swt mencatatkan kebaikan baginya pada setiap biji dari gandum, meleburkan dosa-nya, dan meninggikan derajat-nya.”

“Wahai Fatimah, tiada keringat istri ketika menggiling tepung untuk suaminya kecuali Allah swt menjadikan jarak baginya dan neraka sejauh tujuh khanadiq”

“Wahai Fatimah, tiada istri ketika memakaikan minyak rambut pada kepala anaknya, menyisir, dan mencuci pakaiannya kecuali Allah swt mencatatkan baginya senilai pahala orang yang memberi makan seribu orang lapar dan ditambah dengan pahalanya orang yang memberi pakaian pada seribu orang telanjang”

Masya Allah ,kegiatan #DirumahAja pun Allah masih sangat baik untuk memberikan kita pahala-pahala yang bisa di jadikan tabungan setelah kematian datang .

Kegiatan berpahala belum lagi bersenda gurau dengan anak dan suami, menciptakan garis tawa di kedua nya ,Allah pasti tuliskan pahala juga ,itu sebabnya saya percaya bahwa ” pernikahan adalah sebuah ibadah seumur hidup “

  • Melakukan hal yang bermanfaat

Melakukan sesuatu hal yang bermanfaat tidak selalu harus terjun ke tempat di mana kegiatan sedang dilangsungkan ,membersihkan masjid untuk supaya bisa membuat jamaah merasa nyaman memang suatu kegiatan yang bermanfaat ,namun bagaimana kalau keadaan yang mengharuskan kita #DirumahAja namun bermanfaat untuk orang banyak ?

Gunakanlah media sosial teman-teman untuk men-sharing sesuatu hal yang bermanfaat seperti membuat caption postingan tentang ” cara menaiki tangga ” misalnya ,mungkin saja bagi sebagian orang ini bermanfaat bukan ?

Hilangkanlah pikiran bahwa ada atau tidak nya di caption tersebut orang yang memberi like atau komentar ,karena sedari awal tujuan nya hanya memberikan sesuatu yang bermanfaat ,atau bisa juga me-Retweet ulang sesuatu yang dirasa bermanfaat dengan tujuan membagikan nya kepada followers kita ,jangan jadikan media sosial kita untuk melakukan hal yang sia-sia karena apa yang kita tulis dengan jari kita pasti ada pertanggung jawaban nya .

  • Berpuasa

Kalau saat sedang berpuasa kita keluyuran kemana-mana ,rasanya panas dan bikin nggak tahan iyaa nggak ? Beda dengan saat bulan Ramadhan ,mau panas gimanapun kayaknya bisa tahan sampai maghrib ,iya nggak sih ? ,lalu kalau puasa sunnah kayaknya ada saja godaan nya ,termasuk saya juga .

Sekarang mumpung #DirumahAja ,berpuasalah ,namun apabila yang sudah menikah dan suami sedang dirumah ,minta izinlah dulu kepada suami apakah diizinkan untuk berpuasa sunnah atau tidak ,atau lebih baik lagi jika berpuasa bersama dirumah .

  • Membaca, menghafal Qur’an

Pernah dengar nggak kalau setiap huruf Quran yang kita baca itu bernilai pahala ,bukan satu ayat lohh melainkan satu guruf Quran ,alif lam mim ,adalah 1 ayat 3 huruf ,bagaimana kalau kita membaca paling tidak satu lembar Quran dengan beberapa ayat dan pastinya dengan banyak huruf juga .

Apalagi kalau menghafal ,karena setiap hafalan yang akan kita hafal ada pengulangan berulang-ulang ,dan ada pahala yang Allah berikan sama juga berulang-ulang nya ,Masya Allah .

sudah baca tulisan saya tentang Cara cepat menghafal Qur’an ? Coba diklik mudah-mudahan bermanfaat .

  • Mengajak kepada kebaikan

Jadikanlah sosial media kita sebagai ” wadah ” yang bisa kita gunakan untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan ,misalnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 2989 dan Muslim, no.1009

Dengan membagikan hadits diatas ,itu sama saja kita mengajak orang lain untuk bersedekah .

gunakanlah media sosial kita dengan sehat dan hindari sesuatu hal yang tidak ada faedahnya .

Penting !

Satu lagi ,dengan men-share tulisan ini GRATIS ,juga sama saja mengajak kebaikan lohh ,ketika tulisan ini di share dan dibaca serta dipraktekan setidaknya ada banyak hal yang bisa didapatkan manfaatnya melalui tulisan ini ,mari berbagi dengan kasih dan jadikan waktu luang mu untuk melakukan kegiatan yang berbuah pahala 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.