Categories
Informasi Japan Japan Experiences

Pengalaman mengirim paket menggunakan jasa pengiriman indonesia jepang

Pengiriman paket luar negeri dulu dan sekarang

Tinggal diluar negeri dengan segala keterbatasan jenis makanan khas dari indonesia membuat saya cukup sering berkirim paket dari indonesia ke jepang dan begitu juga sebaliknya, dan kali ini saya akan mengulas jasa pengiriman indonesia jepang  .

Dulu ,dulu sekali tahun 2016 silam berkirim paket dari indonesia ke jepang dengan jasa pengiriman indonesia jepang dari post indonesia sangat terjangkau sekali, dengan estimasi waktu pengiriman yang cukup menurut saya ,dengan hanya memakan waktu 9 – 14 hari waktu pengiriman di bandrol dengan harga pengiriman Rp 90.000 per-kg nya ,namun lain dulu lain sekarang meski pengiriman yang super duper cepat hanya dalam waktu 3-4 hari saja pengiriman dari cirebon – jepang sayang nya dibandrol dengan biaya yang sangat mahal menurut saya .

Pengiriman paket Indonesia-Jepang dengan Pos Indonesia

Minggu lalu saya telah dikirimkan paket berukuran 34 x 26 x 11 cm dengan berat ±3,9 kg melalui Pos Indonesia dengan biaya Rp 815.222 ,sangat mahal bukan ?

Kalau saya hitung per-kg nya menjadi sekitar Rp 209.000 ,kalau di bandingkan 4 tahun lalu saya cukup kaget mendengar nya .karena terakhir saya mengirim paket berupa makanan seperti terasi ,masako ,bon cabe dan lain lain sekitar tahun 2018 memakan biaya sekitar Rp 160.000 per-kg nya .

Entah 2 atau 3 tahun lagi bukan tidak mungkin harga nya bisa mencapai Rp 500.000 per-kg nya .

Ini paket yang saya terima dari indonesia – jepang melalui Pos Indonesia

Pengiriman paket indonesia jepang

Aturan mengirim paket melalui Pos Indonesia

Ohh iya pengiriman paket ke luar negeri melalui pos indonesia ini sangat ketat ,paket yang kita bawa dan dimasukan di dalam kardus tidak disarankan untuk di lakban terlebih dahulu ,karena petugas akan sangat teliti mengecek satu per-satu barang yang akan dikirim .

Selain mengirim buku ,saya pun sebenarnya berniat mengirim minyak telon untuk si kecil ,di amazon jepang minyak telon di bandrol harga 1800 yen (Rp 225.000 ,kurs 125 yen) untuk 30 ml ,sangat mahal bukan ? .

Tetapi untuk mengirim minyak telon ini ,petugas pos membatasi jumlah pengiriman nya ,sebelum mengirim saya bertanya kepada petugas berapa batasan jumlah yang boleh dikirim untuk barang berupa cairan ,petugas pos mengatakan boleh mengirim maksimal dengan jumlah 5 botol untuk ukuran 100 ml minyak telon .

Karena sudah dapat lampu hijau boleh mengirim maksimal 500 cc ,akhirnya saya pun membeli minyak telon 5 botol untuk ukuran 100 cc ,namun di hari H pengiriman dan pada saat pengecekan petugas hanya membolehkan saya mengirim 1 botol saja !

Dengan rasa yang sangat kecewa ,kesal tapi nggak bisa marah ,akhirnya pengiriman paket saya bagi 2 kloter agar minyak telon paling tidak bisa terkirim 2 botol .

Namun sebelumnya saya sempat mencari alternatif lain untuk pengiriman paket kloter 2 saya ,beberapa jasa pengiriman paket luar negeri saya kontak untuk menanyakan perizinan perihal pengiriman barang dalam bentuk cair .

Benar saja rata-rata dari mereka menolak mengirimkan barang berupa cairan .

Jasa expedisi yang pernah saya hubungi di antara nya ada  Expedito dan Atha Express .

Pengiriman paket Indonesia-Jepang melalui Jasa Expedito

Expedito sendiri menurut saya termasuk jasa expedisi murah sepanjang sepengetahuan saya ,ketika saya membuka website dan mencoba menemukan tarif dengan berat paket 4 kg dan ukuran paket 34 x 26 x 11 cm keluar dengan tarif sebesar Rp 760.000 dengan estimasi pengiriman 4-6 hari melalui pengiriman Dp-ex atau kita bisa melalui pengiriman lain dengan estimasi waktu berbeda dan harga yang berbeda juga .bisa cek dibawah 🙂

Sayang nya untuk kantor expedito ini baru ada di jakarta dan bandung saja jadi kalau kita yang berasal dari luar kota jakarta dan bandung ingin menggunakan jasa expedisi dari expedito diharuskan mengirimkan terlebih dahulu paket kita ke bandung atau jakarta yang biaya nya di tanggung sendiri .

Namun berbeda apabila kita berdomisili di jakarta atau bandung ,pengiriman jasa ini berlaku door to door artinya pengiriman paket di atas 2 kg ,paket bisa di jemput oleh petugas expedito .

Bermodal kurang nya pengetahuan saya ditambah baru pertama kali menggunakan jasa expedito ,untuk pengiriman kloter ke-2 ,saya mencoba menggunakan jasa ini .

Dengan pengiriman cirebon – jakarta menggunakan JNE Yes memakan biaya Rp 180.000 ,2 hari kemudian saya di hubungi oleh pihak expedito bahwa makanan tidak diperbolehkan masuk jepang .

Karena sudah beberapa kali mengirim paket makanan melalui pos indonesia  ,saya lantas berdebat dengan petugas bahwa makanan bisa masuk ke jepang dan tidak ada masalah sejauh ini ,tapi petugas bilang melalui expedito tidak bisa .

Karena alasan nya jelas ,dan paket saya pun banyak berisi makanan maka saya pun membatalkan paket tersebut dikirim melalui jasa expedito .

Untung saja petugas nya ramah dan baik, saya tidak di maki-maki untuk pembatalan ini ,dan lagi petugas nya bersedia untuk mengirimkan kembali paket saya ke alamat saya di cirebon ,namun dengan resiko biaya kirim ditanggung pribadi dengan kocek sebesar Rp 150.000 ,huffffttttt !

Tarif paket Indonesia-Jepang melalui Pos Indonesia

Berkutat dengan ide-ide yang konyol akhirnya saya menyerah dan berniat kembali mengirimkan paket saya melalui Pos Indonesia ,dengan memohon-mohon dan memelas kepada petugas agar di ijinkan mengirim minyak telon si kecil dalam jumlah banyak akhirnya mbak petugas nya luluh juga dan memperbolehkan mengirim minyak telon si kecil 3 botol ukuran 100 cc .

Dan di atas adalah penampakan paket kloter ke-2 saya dari indonesia .

Dengan berat 3110 gram ,di kenakan tarif sebesar Rp 744.871

Ohh iyaaa saya sempat menanyakan tarif ongkir jasa expedisi dari Atha Express ,katanya Rp 400.000 untuk 1 kg nya .

Pengiriman paket dari Jepang-Indonesia Via Laut

Selain berkirim paket dari indonesia ,saya pun sudah 2 kali mengirimkan paket dari jepang ke indonesia .

Berbeda dengan pengiriman indonesia – jepang yang kebanyakan menggunakan pengiriman lewat udara ,beberapa jasa pengiriman kargo jepang – indonesia ini menggunakan jasa pengiriman menggunakan kapal laut ,mengingat jasa pengiriman lewat udara menggunakan EMS  japan post sangatlah mahal ,untuk pengiriman Asia, berat paket 4 kg dibandrol dengan harga 5800 yen (Rp 725.000 ,kurs 125 yen) ,Amerika 8000 yen dan Eropa 9000 yen .

Bisa cek disini untuk informasi harga di atas atau dibawah 4 kg yaa 🙂

Adalah jasa  Nice Indonesia Cargo  ( NIC ) yang pernah saya coba untuk meluncurkan paket saya ke indonesia ,jasa NIC ini door to door ,seperti kebanyakan jasa kargo jepang lain nya bukan seperti di indonesia yang harus membawa atau mengirimkan  paket yang berat nya aduhai ke kantor pengiriman .

Kalau untuk pengiriman paket dibawah 15 kg ,saya lebih suka menggunakan jasa NIC ini karena perhitungan nya relatif lebih murah dengan perhitungan P x L x T x 0,117 ,namun beberapa teman saya yang mengirim untuk ukuran kardus LL lebih memilih jasa kargo lain karena harga nya yang terjangkau ,kalau tidak salah mereka menggunakan jasa Trico Japan

karena saya belum pernah menggunakan jasa layanan  Trico Japan jadi saya tidak bisa menulis bagaimana alur pengiriman ini .

Tarif Pengiriman paket Via Laut menggunakan Jasa Nice Cargo

Bulan desember lalu ,saya baru saja mengirim paket dengan ukuran 50 x 36 x 32 cm dan berat 10 kg berisi barang-barang pribadi  dengan biaya sekitar 7000 yen ( Rp 875.000, kurs 125 yen).

Ada harga ada kualitas ,tentu saja itu berlaku ,dengan pemberangkatan kapal laut yang ada hanya 1 kali setiap bulan nya membuat pengiriman yang terburu-buru tidak disarankan menggunakan jasa ini ,meskipun terbilang cukup murah dan dengan pelayanan door to door ,tapi kalau barang nya butuh cepat lebih baik menggunakan jasa EMS dengan estimasi waktu ± 1 minggu .

Pengiriman kapal laut ini memakan waktu hampir sekitar 1 bulan lama nya ,untuk pengiriman saya desember lalu ,pemberangkatan kapal dijadwalkan pada 29 desember 2019 dan barang harus sudah dijemput untuk di kirimkan  ke kantor NIC yang berada di osaka yaitu paling lambat tanggal 18 desember ,dan barang sampai dirumah saya pada tanggal 27 Januari 2020 .

Ketentuan mengirim paket menggunakan Jasa Nice Cargo

Ohhh iyaa ,barang-barang yang dikirimkan ini di sarankan barang used saja yaa agar terhindar dari bea cukai di indonesia .

Apakah boleh mengirim benda elektronik ?

Bisa ,untuk barang elektronik lebih baik di asuransikan agar apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan perusahaan bisa bertanggung jawab .

Pengiriman paket indonesia jepang dengan barang elektronik seperti laptop dan handphone pun bisa dikirimkan .

Bagaimana cara mengirim paket via laut Indonesia-Jepang?

Isi formulir nya di Nice Indonesia Cargo ,masukan barang yang akan dikirim beserta jumlah dan harga barang ,serta masukkan email aktif kita karena invoice paket kita akan masuk ke email kita .

Seperti dibawah yaa:)

Pengiriman paket indonesia jepang

Hari dan waktu penjemputan barang yang diinginkan bisa dilakukan 1 hari setelah formulir dikirim yaa ,ohh iyaaa NIC ini bisa menggunakan layanan bahasa indonesia atau bahasa inggris bagi yang belum bisa menggunakan bahasa jepang  ..

Untuk lebih jelas selanjut nya silakan mengunjungi website resmi nya di Nice Indonesia Cargo ,semua informasi barang yang boleh dan tidak boleh semua tertulis di sana ,dan ada kontak person via line juga barangkali ada informasi yang kurang dipahami .

sekian pengalaman saya mengirim paket dengan menggunakan jasa pengiriman indonesia jepang dari dan ke jepang yaaa, semoga bermanfaat .

Baca Juga Rekomendasi berwisata di nagoya jepang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.