Categories
Japan Japan Experiences

Cara Jepang membersihkan sampah

Pagi ini saya dibuat takjub oleh negara yang saya tinggali sekarang ,jepang ! ,dengan lingkungan yang amat sangat bersih ternyata ini cara jepang membersihkan sampah di negerinya .

2016 silam saat saya mendaratkan kaki nya pertama kali di jepang hal yang berkali-kali saya ucapkan ketika ditanya ” apa yang membuatmu kaget dengan jepang ? ” ,pasti saya selalu menjawab ” kebersihan nya ” .

Keren sih menurut saya ,bahkan di setiap jalan yang saya lalui hampir tidak menemukan sampah ,kecuali saat hari pembuangan sampah .

Meski masih ada segelintir kertas ,kaleng dan plastik di jalan namun itu hanyalah 0,00001% sampah yang berserakan di negara ini .

Iyaaa ,segala kesempurnaan hanyalah milik Allah bukan ?

Ketika saya mencari tahu dibeberapa artikel peringkat ke-berapa jepang masuk dalam kategori negara terbersih ,jawaban nya adalah peringkat ke-6 dari 15 negara ,dan yang nomor 1 jatuh pada prancis .

Wahhhh ,peringkat ke-6 nya saja sudah bersih seperti ini ,bagaimana peringkat di atas 6 yaa ,bahkan peringkat ke-1 nya ,hal yang harus di semogakan lagi !! ” saya ingin berkunjung ke prancis untuk berwisata ” bissmillah hehe ..

Dan alasan mengapa di setiap jalan saya hampir tidak menemui sampah adalah karena ke-loyalitas warga negara nya untuk mau membersihkan taman ,jalanan ,stasiun ,bahkan sungai yang ada di sekitar nya secara berkelompok atau individu dengan ” sadar ” tanpa paksaan atau embel-embel ” bayaran ” .

Seorang ibu-ibu berjalan menelusuri jalanan hanya untuk mengambil sampah yang berserakan dijalanan ,saya bahkan malu ketika berjalan melewati ibu-ibu tersebut .

Dan sepeanjang jalan inilah yang ibu tersebut lalui ,apa yang beliau kerjakan terlihat hasilnya di mata saya ,jalanan menjadi bersih .

Seorang kakek membersihkan sampah di dekat stasiun ,KAKEK-KAKEK lohhh .

Ini stasiun yang beliau bersihkan ,saya bahkan 1000 kali mengucapkan terimakasih telah menjaga lingkungan ini pun rasanya tidak cukup untuk menggambarkan betapa saya amat sangat menghargai apa yang beliau kerjakan .

Warga jepang membersihkan sampah

Ini adalah sekelompok warga sekitar yang sedang membersihkan taman di dekat tempat saya tinggal ,dan mereka selalu melakukan ini setiap hari minggu ” SETIAP HARI MINGGU ” .

Warga jepang membersihkan sampah

Dan inilah taman nya ,kebayang dong membersihkan taman yang luasnya tidak hanya 10 atau 20 meter tapi bahkan mungkin 500 meter lebih yaa .

Dan bukan saja orang tua atau ibu muda yang mengkontribusikan dirinya untuk membersihkan lingkungan .

Ada seorang ibu yang mengajarkan anak nya bahwa kebersihan itu penting !

Warga jepang membersihkan stasium

Jepang memang menerapkan ajaran kebersihan dari kecil sih ,makanya kenapa saya ingin si kecil paling tidak bersekolah disini sampai sekolah dasar nya terlewati ,tujuan nya untuk membuat pondasi bagaimana arti dari membuang sampah pada tempat nya itu penting .

Dan yang paling saya takjub adalah

Warga jepang membersihkan sampah

Beliau adalah sepasang suami istri yang selalu saya lihat SETIAP HARI di lingkungan dekat tempat saya tingal ,SETIAP HARI beliau membersihkan sampah-sampah warga yang bahkan beliau sendiri tidak tahu asal sampah itu darimana ,namun dengan loyalitas nya beliau mau lohh membersihkan nya setiap hari ,setiap saya ketemu ada perasaan malu yang mana saya hanya lewat saja tanpa membantu atau sekedar mengatakan ” terimakasih ” .

Perlu  diketahui ,disamping warga negara nya yang loyalitas terhadap kebersihan lingkungan pemerintah pun turut andil dalam menjaga lingkungan ini ,berikut adalah hal lain dari cara jepang membersihkan sampah :

1. Tidak adanya tempat sampah di tempat umum atau di jalanan .

Iyaa bahkan saya sudah terbiasa membawa sampah sampai kerumah untuk dibuang di tempat sampah dirumah ,dan kebiasaan ini terbawa sampai saya pulang ke indonesia ,yang mana ada rasa tidak nyaman ketika saya membuang sampah begiu saja dijalanan ,dan untuk warga negara +62 ini penting sih hasil yang besar harus dimulai dari diri sendiri dulu .

2. Cara pembuangan sampah yang terpisah .

Jadi pembuangan sampah yang bisa di bakar ,dan sampah yang tidak bisa dibakar ,di buang secara terpisah dengan plastik yang berbeda dan hari pembuangan berbeda .

Kalau di daerah tempat tinggal saya ,pembuangan sampah yang bisa di bakar dimasukan ke dalam kantong plastik berwarna merah  setiap selasa dan jumat ,sedangkan sampah yang tidak bisa dibakar di masukan ke dalam kantong plastik berwarna biru setiap hari rabu saja ,diletakkan di depan rumah atau bak sampah untuk kemudian di ambil oleh petugas sampah ,dan untuk plastiknya adalah plastik sesuai yang di atur oleh pemerintah setempat yang di jual di berbagai supermarket dan kombini bukan plastik lain .

Berbeda dengan pembuangan botol plastik dan botol kaca ,dibuang secara terpisah juga meski tergolong sampah tidak bisa dibakar namun botol plastik masuk dalam kategori sampah yang bisa di daur ulang ,begitu juga dengan botol dan kaleng sampah.

Meski sama-sama plastik ,untuk membuang botol plastik ini harus dipisahkan dari tutup botol dan merk dagang botol yang tertempel di botol nya ,merumitkan yaaa ,tapi percaya deh ini adalah cara untuk mengurangi sampah plastik dan menjadikan nya sampah daur ulang .

Selain sampah yang sudah disebutkan ada juga kategori sampah kecil seperti panci bolong ,atau kompor rusak ,nah ini dibuang menurut jadwal ,di tempat saya adalah setiap hari rabu di minggu ke-3 setiap bulan nya .

Ada lagi golongan sampah besar seperti kulkas ,sofa ,lemari dan lain-lain ,sampah jenis ini adalah sampah yang berbayar ,saya pernah membuang lemari dengan ukuran 200 x 50 cm di buang dengan harga ¥ 9000 atau setara dengan Rp 1000.000 ,hahahaaaa .

Jadi sebenarnya sesuatu yang baik itu harus di mulai dengan diri sendiri lalu kemudian akan berdampak pada orang lain dan dampak besar nya juga akan kepada lingkungan .

Dan itulah cara jepang membersihkan sampah di negerinya ,tidak heran jika sekarang jepang masuk dalam daftar negara terbersih .

Orang indonesia yang mayoritas adalah orang muslim ,sudah pasti mereka memiliki prinsip bahwa kebersihan sebagian dari iman ,jika prinsip ini saja sudah kita tanam sebagai masyarakat muslim ,tentu nya dengan menjaga kebersihan dari mulai hal kecil sudah pasti bisa .

Dan saya percaya masyarakat indonesia bisa ,entah kapan semua nya akan terwujud ,yakinkan saja dulu !

Kunjungi juga tulisan saya di Hal unik yang ada di Jepang 

Categories
Informasi Japan Wisata

Restaurant halal di jepang ini memisahkan alat masaknya untuk pelanggan muslim dan non muslim

Sebagai warga muslim yang tinggal di negara sangat-sangat minoritas ,tentunya sedikit kewalahan kalau mau makan di restaurant atau warung makan yang belum bersertifikat halal ,iya kan yaa ? .Nah kali ini saya akan membahas wisata kuliner halal dijepang .

Meskipun makan ayam ,tapi kalau di restaurant jepang ,tetap saja kehalalan nya diragukan nggak sih ? ,mengingat penjualan ayam di jepang tidak menyembelih ayam nya dengan cara yang halal .

Jadi akan lebih baik jika pergi kemana-mana membawa bekal dari rumah ,atau googling tempat makan yang sudah berlabel -HALAL-

Nah ,saya ada beberapa tempat makan di nagoya yang sudah terjamin kehalalan nya .

Simak dibawah yaa ,bissmillah 😊

  • Udon Halal

Wisata kuliner halal dijepang yang pertama adalah dengan nama 味噌煮込みうどんの山本屋大久手店 (miso nikomi udon yamamotoya) ,restaurant udon yamamoto sendiri di nagoya banyak sekali cabang nya ,tetapi yang menyediakan udon halal setahu saya hanya ini ,sebenarnya saya juga baru tahu ketika melihat acara di televisi ,dan yamamoto udon ini menurut siaran televisi yang saya lihat termasuk peringkat 4 dari 5 udon terenak di nagoya ,penasaran dong ?

Udon ini sering sekali di kunjungi oleh warga muslim yang tinggal di jepang ,dan dari 60% nya adalah orang indonesia ,sisanya malaysia dan lain-lain .

Wisata kuliner halal dijepangWisata kuliner halal dijepang

Wisata kuliner halal dijepang ,Jadi tempat ini tersedia dua jenis pelayanan ,ada untuk orang jepang (non muslim) ,dan ada khusus untuk pelanggan yang beragama muslim ,dan yang khusus muslim ini pemilik toko menggunakan wajan ,dan alat masak lain nya terpisah dengan alat masak yang di gunakan untuk pelanggan non muslim ,keren kan ?

Dan semua bahan nya terjamin kehalalan nya ,nggak habis pikir dong mereka memikirkan hal ini sampai sedetail ini .

Bertempat di daerah chikusa ,kalau dari stasiun nagoya hanya pergi ke arah stasiun imaike ,terus transit menggunakan sakura dori line untuk menuju ke fukiage stasiun ,dan dari situ jalan kaki sekitar 400 meter .

Jam buka nya sendiri dari pukul 11.00-21.00 dan libur di setiap hari senin .

untuk harganya sendiri cukup bervariasi ,kalau dibilang mahal hmmm ,buat saya sih cukup mahal yaa ,untuk udon nya sendiri dibandrol harga ¥1500 ke atas .

Tapi restaurant ini nggak cuma menjual udon saja loh ,ada sayap ayam ,salad ,tempura ,ebi fried dan masih banyak lagi ,tapi menu utama nya memang udon ,dengan berbagai variasi topping dan rasa .

Makin penasaran dong ?

Kunjungi website nya dulu sebelum datang yaa Yamamotoya

Selamat makan 😊

  • Indonesian food BULAN BALI 

Wisata kuliner halal dijepang

Wisata kuliner halal dijepang selanjutnya ,sesuai dengan namanya ,konsep di restaurant ini memang bernuansa bali ,dan saya juga merasa seperti sedang berada di bali hahahaa.

Begitu masuk kedalam ,langsung dong sama mas pelayan nya disambut dengan ” irrassyaiiii” ,dan sebenernya bingung juga mas pelayan nya dari bali juga atau mana ya..

jadi saya pesan nasi goreng ” mas ”

mas ?

MAS ?

iya, sebingung itu antara panggil mas atau blih ? Mau nanya nggak enakan juga .. skip saja yaa hehe

Menu nya cukup bervariasi,  tentunya masakan-masakan khas indonesia ,dan favorit saya disini adalah nasi goreng nya.

Rasa nya tuh kayak nasi goreng yang di abang-abang lewat depan rumah itu lohh ,rasa indonesia nya dapet banget ,bikin jadi kangen rumah .

Tapi kekurangannya mungkin minus sambal dan nggak ada rasa pedas-pedasnya ,ini komentar bagi penyuka pedas seperti saya .

Untuk harganya cukup worth it sih menurut saya ,dan sebenarnya kalau kita mau masak sendiri pun cukup bisa ,tapi memang ada beberapa menu yang lebih baik beli disini ketimbang bikin ,repottttt..

sate misalnya .

Cukup lengkap juga menu yang tersedia disini lohh ,kayak gado-gado ,mie ayam,rendang dan lain-lain.

Di bulan bali ini nggak cuma tersedia cafe saja ,di lantai 3 ada esthetic salon ,jadi ada pijat kaki ,facial gitu, saya memang belum mencoba nya ,tapi saya lihat di pamflet harganya sekitar ¥6000- ¥8000 untuk 1 jam .

mahal yaaa ? Tapi sesekali nggak ada salahnya sih dicoba .

Terus di lantai 4 ada IECC school ,kayak kursus bahasa indonesia gitu ,untuk lebih jelas nya silakan kepo-in website resmi nya dan informasi kontak nya yaa Bulan Bali ,ohh iyaa kalau mau tahu tentang event atau festival indonesia yang ada di nagoya sering-sering kunjungi alamat website nya saja ,soalnya admin nya sering update informasi terbaru loh ..

Dan Kesini untuk akses transportasi nya .

Cekidoottt ☺

  • Sama-sama Indonesian food

Konsep dari restaurant ini sama seperti bulan bali ,yaitu dengan menu makanan indonesia ,chef disini asalnya banyuwangi (kalau nggak salah ) ,jadi cukup ngena juga dengan logat jawa nya .

Bedanya dengan bulan bali adalah konsep dekorasi ruangan nya ,kalau di bulan bali memang kental dengan nuansa bali nya ,kalau di sama-sama ini konsep nya lebih ke lesehan ,kalau saya pribadi lebih suka dengan konsep yang seperti ini ,tidak terkesan formal dan santai ,malah pernah ada pengunjung orang indonesia datang kesini dengan membawa gitar ,memang asyik banget sih kalau datang kesini rombongan bersama dengan teman-teman sambil gitar-gitaran .

Menu nya tidak jauh berbeda dengan bulan bali ,harganya pun 11-12 dan worth it menurut saya .

Jam buka nya cukup variatif sih ,kalau yang nggak tahu mungkin bisa saja pas datang ,bukan jam buka nya .

Di cek ya ,

Senin 11.00-15.00

Selasa ,Rabu dan kamis  11.00-15.00, buka kembali pukul 18.00-00.00

Jumat 18.00-00.00

Sabtu dan minggu 11.00-00.00

Harus di inget yaa ,untuk lebih lengkap nya mengenai menu dan price silakan Kesini

Dan Kesini untuk akses transportasi nya.

Selamat bergitar-gitaran 😊

  • INPAL (Indian Nepal Restaurant)

Ini adalah restaurant langganan saya dan suami kalau berkunjung ke osu kannon .

Osu kannon sendiri adalah pusatnya oleh-oleh dan perbelanjaan semua barang-barang khas nagoya .

Nggak cuma khas nagoya ,barang yang di jual pun bisa dari berbagai macam negara ,thailand misalnya .

Dan wisata kuliner nya pun bermacam-macam dari beberapa negara nggak cuma jepang ,ada vietnam dengan bakmi nya ,brazil dengan ayam panggang nya dan selanjutnya yang akan saya bahas ,yaitu restaurant india dan nepal.

Seperti namanya ,menyajikan menu-menu khas india ,sebenarnya inpal ini nggak cuma ada di osu kannon saja ,di daerah lain di nagoya pun banyak membuka cabangnya .

Sebenarnya menu yang paling di cari adalah menu khas nya india yaitu roti dengan kare nya .

Wisata kuliner halal dijepang

Kalau saya pribadi lebih suka dengan nasi briyani mutton nya ,dengan rempah-rempah yang kuat ,dan daging mutton yang empuk cocok banget dilidah saya ,walaupun harganya sedikit mahal ,untuk satu porsi nasi briyani di hargai ¥1000 .

Baca Juga PROSEDUR MENIKAH DI JEPANG

Bos restauran nya pun cukup friendly ,kami kerap mengobrol kalau kebetulan beliau memang sedang bertugas disitu .

Restaurant nya bertempat di osu kannon ,kalau berkunjung ke osu coba deh menu favorit saya ,barangkali cocok hehee .

  • Kebab Turki

Wisata kuliner halal dijepang

Nggak asing dong dengan makanan bernama kebab ini ,karena di indonesia pun cukup banyak yang menjual kebab ini ,ini langsung di buat oleh orang turki nya hehe.

Kalau langganan biasanya membeli kebab ini di osu kannon ,dan di osu kannon sendiri cukup banyak cabangnya ,kalau yang saya tahu mereka membuka 3 cabang di osu kannon ,dan ditempat lain mungkin juga lebih banyak cabangnya .

Kebab ini rasanya cukup enak untuk camilan hehe ,dan harganya pun sangat-sangat worth it di kantong saya .

Nggak cuma menjual kebab nya saja ,menu lain khas turki pun di jual disini ,dan pasti nya halal .

Tahu dong es cream khas turki yang pelayan nya suka ngerjain pembeli ? ,nah disini juga kadang-kadang menjual es cream khas turki nya loh .

Karena orang indonesia cukup banyak juga yang membeli kebab ini ,sampai-sampai pelayan nya suka basa-basi menggunakan bahasa indonesia ,seperti ” terimakasih ” ,”selamat siang ” dengan logat khas mereka sendiri ,yang sampai-sampai saya pernah belum sadar,dan baru ngeh setelah waktu berjalan sepersekian detik kalau mereka berbicara bahasa indonesia ,hehe .

Selamat mencoba kebab nya dan selamat berbasa-basi dengan mas pelayan nya yaa ☺

Terimakasih telah berkunjung di tulisan saya mengenai wisata kuliner halal dijepang nagoya.