Categories
Japan

Aplikasi Let’s Read berperan penting dalam meningkatkan minat baca si kecil

Cara Saya dalam Meningkatakan minat baca si kecil sejak dini

Sejak di sekolah dasar dahulu saya adalah salah satu orang yang memiliki hobi membaca buku ,makanya saya ingin agar minat baca anak saya juga tinggi .

Bahkan pada saat saya menginjak kelas 6 Sekolah Dasar, saya adalah salah satu member tempat penyewaan komik ,novel dan buku-buku lainnya .

Dan malahan yang seharusnya pengembalian buku dilakukan 4 – 7 hari ,saya malah sengaja mengulur-ulur waktu pengembalian karena saya terlalu terkesan dengan rangkaian kalimat-kalimat yang tertulis di setiap buku yang saya pinjam ,yang akhirnya berujung dengan denda yang tidak sedikit berbonus omelan-omelan orang dirumah hahaaa .

Karena manfaat dari membaca memiliki efek positif yang sangat luar biasa ,saya pun melakukan berbagai banyak cara agar si kecil pun memiliki hobi yang sama dengan saya ,membaca .

Meski usia nya masih 1 tahun,  bahkan saya membelikan banyak sekali buku-buku bacaan tentang cerita-cerita menarik .

Nggak hanya itu setiap libur kerja saya sengaja membuat jadwal di waktu tertentu untuk membacakan buku kepada si kecil sambil berteman dengan alam ,

Membacakan buku di taman misalnya ,atau membacakan buku di beranda rumah sembari mendengarkan kicauan burung ,karena saya ingin membuat suasana membaca di lalui dengan kesan yang menyenangkan agar minat membaca pada si kecil tumbuh tidak dengan suasana yang membosankan .

Let's read

Dulu sewaktu zaman SMP-SMA setiap pulang sekolah tempat tongkrongan saya adalah Gramedia ,karena dulu uang saku yang saya dapat dari orang tua hanya cukup untuk makan di kantin sekolah ,jadi di Gramedia saya hanya bisa membaca di tempat tanpa membeli ,heheee jangan ditiru yaa 🙂

Bahkan pada saat mengerjakan tugas akhir perkuliahan zaman mahasiswa dahulu ,tempat tongkrongan saya adalah perpustakaan 400 ,perpustakaan terbesar yang ada di kota tempat tinggal saya .

Nah sekarang setelah menikah ,dan memiliki anak, tempat tongkrongan saya pun masih tetap di tempat dimana ada banyak sekali buku dengan berbagai macam genre bacaan yang di tata sedemikian menariknya .

Oleh karena itu saya kerap mengajak si kecil untuk ikut juga ” nongkrong “ ,harapan nya supaya ia terbiasa melihat ibu nya yang selalu excited ketika datang melihat buku sekaligus membiasakan si kecil untuk menyukai tempat yang biasa saya sebut adalah ” taman bacaan “ dan tentunya juga menumbuhkan kesukaan dan keingintahuan tentang membaca kepada si kecil, karena untuk menumbuhkan hal itu harus dimulai dari orang tua yang mengajak nya kepada kebiasaan yang secara terus menerus di lakukan ,lalu kemudian akan ditiru oleh si kecil .

Let's read

Hal lain yang membuat saya berusaha untuk menumbuhkan minat baca si kecil adalah dengan melatih pola pikir si kecil bahwa ” membaca ” adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan sehingga saya membelikan mainan elektronik berbentuk buku dengan disertai gambar ,suara dan musik ,namun tidak kehilangan manfaat nya sebagai buku .

20200612_175626_0000

Kuncinya adalah teratur dan terus menerus

Setelah hal tersebut secara terus-menerus dilakukan dengan jadwal-jadwal tertentu yang saya buat tanpa mengganggu aktivitas si kecil yang lainnya seperti bermain ,bernyanyi ,belajar , dan melakukan aktivitas lain layaknya seorang anak kecil ,kini saya melihat si kecil memiliki ketertarikan untuk melakukan aktivitas membaca dibanding lainnya .

Dan bahkan ,saya menjadikan buku adalah ” sahabat ” bermainnya di rumah selain dengan teman-temannya ,karena menjadikan buku sebagai sahabat bermainnya ,saya merasa inilah salah satu cara lagi agar bagaimana si kecil memiliki minat yang tinggi terhadap kegiatan membaca ,tentu saja tidak dengan paksaan yang berlebih ,tetap diimbangi dengan pola asuh sesuai dengan usia dan mood nya .

20200612_175655_0000

Buku Digital sangat berperan Penting

Di zaman yang sudah serba digital ,bahkan kini buku pun sudah ada dalam bentuk digital salah satunya adalah Aplikasi Let’s Read.

Minat baca anak

Aplikasi Let’s Read ini adalah salah satu yang menjadi peran amat sangat  penting dalam meningkatkan minat baca anak saya ,sejak dirilis tahun 2017 silam kini pengguna aktif nya sudah lebih dari 50.000 dengan ratting kepuasan pengguna 4,1 bintang ,dan rata-rata mereka puas terhadap banyak fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi Let’s Read ini termasuk juga saya .

Minat baca anak

Banyak keunggulan yang saya dapatkan setelah mendownload aplikasi ini ,bahkan anak saya pun langsung kegirangan ketika jadwal mendongengkan cerita melalui Aplikasi Let’s Read telah tiba ,dan karena si kecil sangat tertarik dengan cerita-cerita yang terdapat dalam Aplikasi Let’s Read ini jadi saya mendapatkan cara baru dalam meningkatkan minat baca si kecil .

20200612_175419_0000

Aplikasi Let’s Read dengan berbagai Fitur Keunggulannya

Praktis, Multilevel ,Wherever dan Whenever

Minat baca anak

Di samping ke-praktisan nya karena bisa di baca dimanapun dan kapanpun karena bisa dibaca secara online maupun offline ,Aplikasi Let’s Read ini memiliki beragam fitur salah satunya adalah bisa disesuaikan dengan segala level rendah sampai tertinggi ,karena anak saya masih berusia 1 tahun saya menggunakan tingkat kesulitan yang paling rendah ,yang mana berisikan sedikit materi namun kaya dengan gambar yang menarik dan beragam warna sehingga mudah untuk menjadi fokus perhatian si kecil, itulah salah satu cara saya dalam meningkatkan minat baca si kecil ,saya memulainya dengan menarik perhatian nya terlebih dahulu ,karena anak usia 1 tahun lebih banyak tertarik tentang apa saja yang dilihatnya ,dan inilah yang saya katakan bahwa Aplikasi Let’s Read sangat berperan penting dalam meningkatkan minat baca anak saya ,karena mereka sangat mengerti tentang bagaimana cara meningkatkan minat baca anak sehingga menyediakan fitur yang bisa digunakan oleh segala jenis usia ,bahkan saya pun tertarik untuk membacanya .

Multibahasa dengan banyakanya ragam cerita dan GRATIS BACA SEPUASNYA

Minat baca anak

 

Selain di desain sedemikian uniknya sehingga saya pun turut terkesan dengan apa yang digambarkan dan diceritakan didalamnya ,keunggulan yang nggak kalah hebatnya sehingga saya memberikan nilai 10 dari 10 adalah karena banyaknya ragam bahasa yang disajikan di setiap cerita-cerita yang jumlah nya tak terhitung ini ,sepertinya saya akan mengurungkan niat saya untuk membeli banyak buku cerita berbahasa inggris untuk si kecil karena toh hanya tinggal mendownload Aplikasi Let’s Read dari The Asia Foundation ini nyatanya saya bisa memiliki banya cerita-cerita yang sangat menarik dalam bahasa inggris untuk di ajarkan kepada anak saya ,GRATIS !

Cara Cerdas dan Gratis menumbuhkan minat baca anak

Sebagai ibu-ibu segala bentuk ,ragam ,jenis yang berbiaya murah apalagi gratis sangat disayangkan apabila terlewatkan apalagi Aplikasi Let’s Read ini memiliki peran penting untuk masa depan anak ,dan memiliki peran penting juga dalam membantu mewujudkan cita-cita para ibu terhadap minat baca si kecil  ,jadi hanya meluangkan beberapa menit dari waktu yang dipunya dalam 24 jam tidak akan pernah menjadi rugi dengan mendownload Aplikasi ini apalagi demi mewujudkan dan menjadikan si kecil anak yang cerdas dan memiliki minat baca yang tinggi .

 

Minat baca anak

Membaca adalah kata kerja yang menghasilkan kesuksesan dalam hal apapun oleh karena itu saya selalu mengajarkan kepada si kecil bahwa Salah satu Kunci sukses adalah ” Membaca “

Mirisnya adalah di berbagai macam negara minat setiap orang dalam membaca berada pada titik mengenaskan dan utamanya adalah Indonesia ,saya bahkan merasa sangat meyayangkan ketika indonesia masuk dalam daftar negara yang memiliki minat baca yang rendah .

Let's read

Dengan adanya Aplikasi Let’s Read ini saya berharap Indonesia tidak lagi masuk dalam peringkat ” mengecewakan ” pada kategori peminatan membaca, karena dari saya pribadi Aplikasi ini sudah sangat masuk dalam Aplikasi terbaik yang mana di sertai dengan banyak keunggulan dan juga penilaian yang baik oleh para pengguna nya .

Dengan berbagai macam cara yang saya lakukan dan dukungan dari Aplikasi Let’s Read ,harapannya tidak lain adalah agar si kecil memiliki minat yang tinggi dalam membaca ,dengan pengalaman yang telah saya lewati di berbagai tahapan usia ,saya merasa bahwa dengan saya memiliki hobi membaca ,saya bisa tahu banyak hal ,saya bisa mengerti banyak hal dan bahkan saya bisa melewati banyak hal  melalui ” Membaca ” ,itulah yang saya ajarkan setiap harinya kepada si kecil meski kini usia nya masih 1 tahun dan belum mengerti apa yang saya katakan ,saya percaya hal yang dilakukan sejak dini akan pasti berdampak baik cepat atau lambat .

 

Categories
Japan Japan Experiences

Pengalaman bekerja di Jepang

Pengalaman bekerja di Jepang

 

Narasi Pengalaman bekerja dijepang

Tahun 2020 ini adalah tahun ke-4 saya berada di jepang dengan visa tokutei katsudou (特定活動) dan bekerja sebagai kaigofukushishi ,ada banyak suka dan duka saya selama bekerja di jepang dari awal sampai saat ini ,dan ditulisan ini saya akan membagikan cerita tentang pengalaman saya bekerja di Jepang .

Saya adalah anggota EPA (Economic Partnersip Agreement) ,yang mana adalah sebuah bentuk kerja sama antar pemerintah yang salah satunya adalah mengirimkan tenaga kerja perawat untuk mau bekerja di jepang melalui BNP2TKI

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana bentuk kerja sama ini ,karena saya hanya akan menjelaskan pengalaman saya bekerja di jepang .

Dengan bekerja di jepang tentunya saya harus menguatkan hati agar bisa menahan rasa rindunya terhadap tanah indonesia .

Rasa rindu terhadap masakan rumah sudah tidak usah ditanya lagi bagaimana perasaannya ,sudah pasti rindu serindu-rindu nya merindu .

Saat Datang dijepang dan pengalaman bekerja dijepang

Saya datang ke jepang saat masih gadis sekitar usia 23 tahun dan saat ini sudah menikah dan memiliki anak ,bahkan saya juga sudah menulis tentang pengalaman saya menikah di jepang ,dan juga pengalaman saya melahirkan dijepang .

Awal bekerja di jepang dengan modal level bahasa jepang N3 saya cukup kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang jepang karena selain intonasi yang terlalu cepat ,beberapa dari mereka berbicara menggunakan dialek asal daerah mereka masing-masing ,kalau di indonesia disebut bahasa daerah .dan saya hanya mempelajari bahasa umum yang di gunakan oleh orang jepang ,bukan bahasa daerah nya .

Namun lambat laun saya mulai terbiasa dengan cara mereka berbicara yang cepat dan telinga saya pun sudah mulai tidak asing lagi mendengar berbagai macam bahasa yang mereka keluarkan misalnya dalam bahasa indonesia ada kata ” terimakasih ” tapi kita biasa menyebut ” makasih ” ,malah ada yang ” maacih ” gitu kan ? ,di jepang pun sama ,dan di awal saya kesulitan dalam hal ini .

Kesulitan Bekerja di Jepang

  • Di Jepang kesulitan mencari makanan halal .

Iyaa ,dijepang saya sangat kesulitan untuk mencari makanan dan camilan halal di jepang ,malah kebanyakan saya memasak sendiri ,selain irit juga lebih terjamin ke halal an nya ,bagi yang tinggal di nagoya jepang saya punya rekomendasi wisata kuliner halal di nagoya jepang

  • Pengalaman bekerja dijepang lagi adalah di jepang gaji nya besar banget

dari hasi kerja saya dan suami kami bisa menabung sekitar 15 juta yen setiap bulan nya ,belum lagi dapat bonus setahun 2 kali ,dan lagi kalau kurs yen lagi melonjak tajam kita bisa mendapat keuntungan lebih dari situ, saya sih sangat memotivasi sekali apabila ada teman-teman yang ingin bekerja di jepang.

Pengalaman bekerja dijepang yang membuat saya takjub adalah Perusahaan tempat saya bekerja membolehkan saya menggunakan jilbab itu kenapa sampai sekarang saya masih sangat-sangat betah bekerja di perusahaan sekarang ,dan lagi mereka menyediakan saya tempat shalat sehingga memudahkan saya untuk bisa shalat di tempat kerja .

Namun ada juga beberapa dari perusahaan tempat teman-teman saya bekerja yang tidak mengizinkan untuk mengenakan jilbab ,kalau saya mungkin lebih baik pindah dari situ .

Ohhh iya ,karena pada tahun 2019 saya telah lulus ujian nasional jepang untuk kaigofukushisi ,jadi visa saya bisa diperpanjang setiap 3 tahun sekali sampai saya bosan tinggal dijepang hehe .

Bisa Berhaji dengan mudah Di Jepang

Dan karena saya sudah memiliki visa tinggal tetap meski harus diperpanjang setiap 3 tahun sekali ,saya bisa menggunakan visa ini untuk melakukan ibadah haji dari jepang ,mengingat melakukan ibadah haji dari jepang sangatlah mudah dengan syarat kita memiliki residence card jepang, itu mengapa saya ngebet sekali ingin berhaji dari jepang .

Kalau di indonesia katanya harus menunggu sampai 10 tahun yaa ? ,saya nggak bisa menjamin diri saya masih hidup 10 tahun mendatang .

Selama 4 tahun ini saya sudah sedikit demi sedikit menjelajah kota-kota yang ada dijepang, meski tidak setiap bulan tetapi paling tidak haruslah pergi traveling setidaknya satu kali dalam satu tahun ,mencegah marah-marah yang tak beralasan akibat ” butuh piknik ” hehee

Bagi yang di nagoya bisa lihat Rekomendasi tempat wisata di nagoya jepang

Sisi positif dan negatif bekerja di jepang

  • Pengalaman bekerja di jepang kebutuhan pokok mahal

Iya mahal sekali ,sebagai contoh beras di indonesia sekitar 6000-8000/kg nya ,kalau dijepang untuk 5 kg beras di hargai ¥2500 atau Rp 365.000 (kurs Rp146/yen)

Kangkung satu ikat sekitar Rp 25000 ,atau tempe satu kotak Rp 35000 .

Dan wajar sih menurut saya ,kalau penghasilan di jepang besar sudah pasti pengeluaran juga besar ,tapi meski begitu saya masih bisa menabung Alhamdulilah .

Kebutuhan tidak hanya soal makan saja ada tempat tinggal ( baca Tata Cara menyewa apartemen di jepang ) ,bayar rutinitas bulanan seperti listrik ,air ,gas ,wifi dan lain lain .

Kalau saya hitung-hitung untuk kebutuhan di atas setiap bulan nya saya harus mengeluarkan biaya sebesar 10 juta yen atau Rp 14.600.000 (Rp146/yen), belum asuransi ,transport ,kebutuhan bahan pokok ,dan biaya jalan-jalan .

Meskipun mahal tapi saya masih akan terus bekerja disini karena kenyamanan dan ketentraman nya ,pernah dengar nggak kalau jepang adalah negara paling aman nomor 1 di dunia ? ,saya pernah dengar namun belum pernah tahu kepastian nya ,tapi meskipun katanya aman ,tetap harus waspada sih namanya juga manusia ,sepeda saya saja pernah hilang 2 kali ,tapi tetap ketemu juga ,di ketemuin sama pak polisi ,hebat kan ?

Selain aman ,nyaman ,tentram jepang ini luar biasa bersih ,dan bebas polusi ,makanya kulit saya juga jadi putih semenjak bekerja di jepang hehe .

Bahkan saya pernah menulis tentang rahasia jepang menjadi negara yang bersih

Akan terus bekerja dan membagikan pengalaman bekerja di jepang

Niat saya dengan suami ,kami paling tidak akan tetap tinggal di jepang sampai si kecil lulus SD dijepang ,karena saya ingin si kecil tahu bahwa disiplin itu penting ,membuang sampah itu harus di biasakan sedari kecil ,waktu itu perlu di hargai ,dan masih banyak hal-hal baik dari negara jepang ini yang harus saya ajarkan kepada si kecil ,namun bukan berarti indonesia tidak layak untuk itu ,hanya saja saya merasa jepang sangat keras dalam membuat pondasi baik untuk anak .

Sekian tulisan saya tentang pengalaman bekerja di jepang ,ambil bagian yang bisa bermanfaat dan buang hal yang tidak baik dari tulisan ini ,terimakasih telah berkunjung ☺