Categories
Informasi Japan Japan Experiences

Hal unik dijepang ini aneh

Selamat pagi teman-teman ,artikel  ini saya buat saat suhu di nagoya mencapai 1°C ,suhu terendah terhitung sejak masuknya musim dingin awal desember lalu, meskipun dingin mencekam saya akan tetap membahas hal unik dijepang .

meski begitu ,belum nampak tanda-tanda si putih nan dingin itu akan datang.

Karena wilayah nagoya jika dilihat dalam peta jepang termasuk wilayah bagian tengah yang suhu nya tidak se-curam di wilayah bagian atas seperti hokkaido ,aomori dan sekitar nya ,mungkin menjadi penyebab si putih nan dingin itu datang tidak sesering wilayah-wilayah di bagian atas jepang.

Meski begitu ,saya sangat bersyukur di tempatkan di wilayah yang jarang sekali ada salju nya, karena kalau si putih datang berkunjung hal yang merepotkan seperti sarana transportasi yang nggak on time alias telat ,macet di jalanan ,dan dingin nya suhu bisa mencapai -3°C.

Walaupun putih nya menyegarkan mata ,namun repotnya melelahkan jasmani.

Sesekali saja tidak mengapa karena sebenarnya turun salju saat libur kerja itu bisa bermain-main sampai tak terasa betapa dinginnya suhu saat itu .

Jepang selain negara nya yang bersih dan warga nya yang taat sekali dengan peraturan ,ke-praktisan alat-alat yang diciptakan nya pun selalu membuat saya terheran-heran ,mengapa sampai kepikiran membuat sesuatu yang aneh tetapi diselingi dengan kesan yang unik .

Dan inilah yang membuat saya betah dan terus memperpanjang masa kerja saya di jepang .Alhamdulilah

Ohh iyaaa artikel yang akan saya tulis ini ,adalah penemuan-penemuan saya di jalan ketika pergi belanja, pergi ke taman atau hanya sekedar melangkahkan kaki mengendurkan otot .

Apa saja hal unik dijepang yang saya temukan ,berikut saya tumpahkan disini :

” pengaman kebocoran ” dijepang 

Yaaapppp ,itu adalah mesin otomatis penjual ” alat pengaman ” ,iyaaa “alat pengaman” untuk laki-laki !! ,walaupun alat yang saya temukan itu dalam keadaan rusak ,tapi kok yaaa sempet ada jual begituan di tempat umum hehee ,mesin otomatis ini menjual ” pengaman ” dengan 3 merek dan tersedia 2 ukuran ,ada yang 0,01 dan 0,02 mili dengan harga 500-800 yen .mungkin kalau beli disitu lebih terjamin privasi nya kali yaa dibanding beli di apotek yang harus membayar di tempat kasir dan ketemu sama mbak-mbak nya begitu .

“Bolongan” Tongkat

Hal unik di jepang selanjutnya adalah bolongan tongkat atau teman-teman bisa menyebutnya tempat menyimpan tongkat mungkin ,atau sanggahan tongkat atau apapun ,kalau saya lebih suka menyebutnya dengan bolongan tongkat hahaaaha

Alat ini saya temukan di seven eleven ,mungkin ada di beberapa tempat lain juga ,namun saya tidak menemukan nya di combini familiy mart ,atau barangkali di family mart daerah lain disediakan ,saya kurang tahu .

Alat ini berfungsi untuk para lansia yang membawa tongkat nya agar tidak repot ketika akan melakukan fotocopy atau mengambil uang di ATM ,karena biasa nya alat ini berjejeran dengan mesin fotocopy atau ATM .

Selain untuk sebagai penyanggah tongkat ,alat ini juga bisa digunakan untuk meletakan coffee cup atau pet bottle atau sejenis minuman lain .sangat praktis bukan ? Ketika kita akan mengambi dompet yang mengharuskan merogoh kantong kesana kesini tidak perlu ragu letakkan saja minuman atau tongkat kita disini .

Lemari sandal otomatis anti bakteri

Hal unik dijepang

Lemari sandal otomatis ? Anti bakteri ? Iyaaaapppppp ,selain ada mesin penjual otomatis ,di jepang juga ada mesin penyimpan sandal otomatis yang juga berfungsi membunuh bakteri di sandal yang telah kita pakai .

Alat ini sering saya jumpai di klinik gigi ,dan mungkin rata-rata klinik gigi di jepang memiliki alat seperti ini .karena beberapa kali ke dokter gigi dengan tempat yang berbeda-beda selalu tersedia alat seperti ini .

Jadi alat ini seperti lemari tempat penyimpanan sandal-sandal yang akan kita gunakan di dalam klinik, karena kebersihan adalah yang nomor satu ,sandal yang kita pakai tidak boleh masuk ke dalam klinik melainkan kita harus memakai sandal yang sudah disediakan oleh klinik itu sendiri .

Hanya dengan menekan tombol ,sandal yang bebas dari bakteri dan kuman akan keluar dari bawah dan bisa langsung kita pakai ,lalu setelah di pakai kita letakan saja di atas nya mesin ini akan otomatis menjatuhkan nya ke dalam mesin dan membersihkan nya secara otomatis ,benar-benar praktis yaahhh ,nggak perlu repot-repot harus mencuci nya setiap hari.

Sepeda yang tak dirindukan oleh pemilik nya 

Hal unik dijepang

Foto yang saya ambil di atas bukan foto sepeda yang sedang ter-parkir yaaa ,melainkan sepeda yang di tinggal oleh pemiliknya ,di hempas dan di abaikan ,tanpa ucapan selamat tinggal dari sang pemilik .

Alias sudah di jadikan sampah dengan kategori sampah besar.

Iyaaa ,jadi sepeda-sepeda tersebut berada di salah satu tempat pusat perbelanjaan di dekat tempat tinggal saya ,rata-rata sepeda tersebut masih cukup layak untuk digunakan menurut saya meskipun ada beberapa yang jok nya hilang atau ban nya bocor .

Kalau di indonesia ,mungkin sudah ada yang mengambil lalu dibawa ke bengkel untuk dipakai sehari-hari bukan ?

Saya kurang paham mengapa mereka meninggalkan sepeda nya begitu saja ,tetapi kalau boleh saya menduga-duga ,biaya membuang sampah besar seperti sepeda ,kulkas ,sofa dan sampah kategori besara lain nya sangatlah mahal jadi untuk menekan biaya pembuangan sampah mereka sengaja meninggalkan nya di tempat tersebut dengan kepura-pura-an yang konyol .

Karena pengalaman saya membuang lemari dengan ukuran tinggi 2 meter dan lebar 50 cm saja ,saya harus merogoh kantong 6000 yen dan mesin cuci sekitar 5000 yen .padahal untuk membeli nya saja tidak sampai harga sedemikian.

Dan lagi ,karena rata-rata sepeda tersebut meski masih layak pakai namun tetap saja perlu perbaikan seperti ban bocor ,se-pengalaman saya waktu mengganti ban bocor itu saya harus rela membayar 3000 yen untuk satu ban ,kalau 2 ban ?

Sedangkan harga sepeda nya saja yang biasa kalau beli di used shop hanya sekitar 3000 – 5000 yen ,sepeda yang biasa yaaa ,yang layak untuk dipakai sehari-hari .

Jadi mungkin itu beberapa alasan mengapa mereka menghempaskan sepeda nya sedemikian menyayat hati si sepeda .

Jadi itulah beberapa hal yang menurut saya unik di jepang ,kalau nanti lagi jalan-jalan dan saya temukan lagi ,mungkin akan saya buat artikel nya dengan judul PART 2 heheee ..

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir di tulisa hal unik dijepang saya 😊, kunjungi juga tulisan lainnya di Restaurant Halal di Nagoya Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.