Categories
Japan Japan Experiences

Cara Jepang membersihkan sampah

Pagi ini saya dibuat takjub oleh negara yang saya tinggali sekarang ,jepang ! ,dengan lingkungan yang amat sangat bersih ternyata ini cara jepang membersihkan sampah di negerinya .

2016 silam saat saya mendaratkan kaki nya pertama kali di jepang hal yang berkali-kali saya ucapkan ketika ditanya ” apa yang membuatmu kaget dengan jepang ? ” ,pasti saya selalu menjawab ” kebersihan nya ” .

Keren sih menurut saya ,bahkan di setiap jalan yang saya lalui hampir tidak menemukan sampah ,kecuali saat hari pembuangan sampah .

Meski masih ada segelintir kertas ,kaleng dan plastik di jalan namun itu hanyalah 0,00001% sampah yang berserakan di negara ini .

Iyaaa ,segala kesempurnaan hanyalah milik Allah bukan ?

Ketika saya mencari tahu dibeberapa artikel peringkat ke-berapa jepang masuk dalam kategori negara terbersih ,jawaban nya adalah peringkat ke-6 dari 15 negara ,dan yang nomor 1 jatuh pada prancis .

Wahhhh ,peringkat ke-6 nya saja sudah bersih seperti ini ,bagaimana peringkat di atas 6 yaa ,bahkan peringkat ke-1 nya ,hal yang harus di semogakan lagi !! ” saya ingin berkunjung ke prancis untuk berwisata ” bissmillah hehe ..

Dan alasan mengapa di setiap jalan saya hampir tidak menemui sampah adalah karena ke-loyalitas warga negara nya untuk mau membersihkan taman ,jalanan ,stasiun ,bahkan sungai yang ada di sekitar nya secara berkelompok atau individu dengan ” sadar ” tanpa paksaan atau embel-embel ” bayaran ” .

Seorang ibu-ibu berjalan menelusuri jalanan hanya untuk mengambil sampah yang berserakan dijalanan ,saya bahkan malu ketika berjalan melewati ibu-ibu tersebut .

Dan sepeanjang jalan inilah yang ibu tersebut lalui ,apa yang beliau kerjakan terlihat hasilnya di mata saya ,jalanan menjadi bersih .

Seorang kakek membersihkan sampah di dekat stasiun ,KAKEK-KAKEK lohhh .

Ini stasiun yang beliau bersihkan ,saya bahkan 1000 kali mengucapkan terimakasih telah menjaga lingkungan ini pun rasanya tidak cukup untuk menggambarkan betapa saya amat sangat menghargai apa yang beliau kerjakan .

Warga jepang membersihkan sampah

Ini adalah sekelompok warga sekitar yang sedang membersihkan taman di dekat tempat saya tinggal ,dan mereka selalu melakukan ini setiap hari minggu ” SETIAP HARI MINGGU ” .

Warga jepang membersihkan sampah

Dan inilah taman nya ,kebayang dong membersihkan taman yang luasnya tidak hanya 10 atau 20 meter tapi bahkan mungkin 500 meter lebih yaa .

Dan bukan saja orang tua atau ibu muda yang mengkontribusikan dirinya untuk membersihkan lingkungan .

Ada seorang ibu yang mengajarkan anak nya bahwa kebersihan itu penting !

Warga jepang membersihkan stasium

Jepang memang menerapkan ajaran kebersihan dari kecil sih ,makanya kenapa saya ingin si kecil paling tidak bersekolah disini sampai sekolah dasar nya terlewati ,tujuan nya untuk membuat pondasi bagaimana arti dari membuang sampah pada tempat nya itu penting .

Dan yang paling saya takjub adalah

Warga jepang membersihkan sampah

Beliau adalah sepasang suami istri yang selalu saya lihat SETIAP HARI di lingkungan dekat tempat saya tingal ,SETIAP HARI beliau membersihkan sampah-sampah warga yang bahkan beliau sendiri tidak tahu asal sampah itu darimana ,namun dengan loyalitas nya beliau mau lohh membersihkan nya setiap hari ,setiap saya ketemu ada perasaan malu yang mana saya hanya lewat saja tanpa membantu atau sekedar mengatakan ” terimakasih ” .

Perlu  diketahui ,disamping warga negara nya yang loyalitas terhadap kebersihan lingkungan pemerintah pun turut andil dalam menjaga lingkungan ini ,berikut adalah hal lain dari cara jepang membersihkan sampah :

1. Tidak adanya tempat sampah di tempat umum atau di jalanan .

Iyaa bahkan saya sudah terbiasa membawa sampah sampai kerumah untuk dibuang di tempat sampah dirumah ,dan kebiasaan ini terbawa sampai saya pulang ke indonesia ,yang mana ada rasa tidak nyaman ketika saya membuang sampah begiu saja dijalanan ,dan untuk warga negara +62 ini penting sih hasil yang besar harus dimulai dari diri sendiri dulu .

2. Cara pembuangan sampah yang terpisah .

Jadi pembuangan sampah yang bisa di bakar ,dan sampah yang tidak bisa dibakar ,di buang secara terpisah dengan plastik yang berbeda dan hari pembuangan berbeda .

Kalau di daerah tempat tinggal saya ,pembuangan sampah yang bisa di bakar dimasukan ke dalam kantong plastik berwarna merah  setiap selasa dan jumat ,sedangkan sampah yang tidak bisa dibakar di masukan ke dalam kantong plastik berwarna biru setiap hari rabu saja ,diletakkan di depan rumah atau bak sampah untuk kemudian di ambil oleh petugas sampah ,dan untuk plastiknya adalah plastik sesuai yang di atur oleh pemerintah setempat yang di jual di berbagai supermarket dan kombini bukan plastik lain .

Berbeda dengan pembuangan botol plastik dan botol kaca ,dibuang secara terpisah juga meski tergolong sampah tidak bisa dibakar namun botol plastik masuk dalam kategori sampah yang bisa di daur ulang ,begitu juga dengan botol dan kaleng sampah.

Meski sama-sama plastik ,untuk membuang botol plastik ini harus dipisahkan dari tutup botol dan merk dagang botol yang tertempel di botol nya ,merumitkan yaaa ,tapi percaya deh ini adalah cara untuk mengurangi sampah plastik dan menjadikan nya sampah daur ulang .

Selain sampah yang sudah disebutkan ada juga kategori sampah kecil seperti panci bolong ,atau kompor rusak ,nah ini dibuang menurut jadwal ,di tempat saya adalah setiap hari rabu di minggu ke-3 setiap bulan nya .

Ada lagi golongan sampah besar seperti kulkas ,sofa ,lemari dan lain-lain ,sampah jenis ini adalah sampah yang berbayar ,saya pernah membuang lemari dengan ukuran 200 x 50 cm di buang dengan harga ¥ 9000 atau setara dengan Rp 1000.000 ,hahahaaaa .

Jadi sebenarnya sesuatu yang baik itu harus di mulai dengan diri sendiri lalu kemudian akan berdampak pada orang lain dan dampak besar nya juga akan kepada lingkungan .

Dan itulah cara jepang membersihkan sampah di negerinya ,tidak heran jika sekarang jepang masuk dalam daftar negara terbersih .

Orang indonesia yang mayoritas adalah orang muslim ,sudah pasti mereka memiliki prinsip bahwa kebersihan sebagian dari iman ,jika prinsip ini saja sudah kita tanam sebagai masyarakat muslim ,tentu nya dengan menjaga kebersihan dari mulai hal kecil sudah pasti bisa .

Dan saya percaya masyarakat indonesia bisa ,entah kapan semua nya akan terwujud ,yakinkan saja dulu !

Kunjungi juga tulisan saya di Hal unik yang ada di Jepang 

Leave a Reply

Your email address will not be published.