Categories
Informasi Japan Japan Experiences

Tata cara menyewa apartemen di jepang

Apartemen Di Jepang

Artikel Cara menyewa apartemen dijepang ini saya tulis saat suami sedang jaga malam dan anak sudah sedang bermain di dalam mimpinya.

Artikel cara menyewa apartemen dijepang yang akan saya bahas adalah mengenai pengalaman saya sewaktu menyewa apartemen yang sekarang saya tinggali bersama suami dan si kecil .

Setelah sebelumnya saya bertempat tinggal di apartemen milik perusahaan tempat saya bekerja ,sekarang karena sudah ada si kecil mau tidak mau saya harus keluar dan mencari apartemen baru ,maklum apartemen perusahaan tidak memperbolehkan tempatnya di tempati oleh keluarga.

bagaimana asal mula nya saya bisa mendapatkan apartemen yang saya tempati sekarang ? ,sebelum saya menjelaskan secara detail mengenai cara menyewa apartemen dijepang ,saya akan menuliskan  prosedurnya secara garis besar nya berikut cara menyewa apartemen dijepang

Tahap-Tahap menyewa apartemen Di Jepang

  1. Cari apartemen yang kira-kira cocok di aplikasi suumo atau bisa langsung pergi ke development di minimini ,apamanshop ,housedo dll
  2. Survey secara langsung apartemen yang kira-kira cocok
  3. Menyerahkan syarat-syarat kontrak baca detailnya dibawah
  4. Menentukan penjamin
  5. Melakukan kontrak dengan perusahaan penjamin baca detailnya dibawah
  6. Menanyakan detail harga dan kontrak tiap bulan nya
  7. Perjanjian kontrak dilakukan
  8. Apartemen sudah bisa ditempati

Ulasan Detail Mengenai Cara Menyewa Apartemen Di Jepang

Cara menyewa apartemen di jepang sebenarnya banyak sekali development atau dalam bahasa jepangnya 不動産 yang menawarkan apartemen sewa ,atau rumah sewa dengan harga bersaing dan keunggulan masing-masing, seperti minimini ,housedo ,apamanshon dan lain lain.

development yang saya gunakan saat ini adalah dari minimini ,karena baru pertama kali jadi saya tidak bisa membandingkan apakah minimini lebih baik dari yang lainya ,seperti nya setiap development memiliki kelebihan masing-masing.

dan alasan saya memilih minimini adalah ,apartemen yang cocok dengan saya berasal dari development minimini .

berawal dari searching di internet di  Suumo apato ,akhirnya setelah rumah di rasa cocok saya lantas menanyakan apakah apartemen nya masih kosong atau sudah terisi ,dengan selang waktu beberapa jam telpon saya berdering dan ternyata pihak minimini langsung menghubungi untuk menanyakan keseriusan saya dalam menyewa apartemen.

tidak dengan basa-basi ,pihak development menyarankan saya untuk datang ke kantornya dan melihat langsung wujud jelas apartemen yang akan saya tempati.

untuk teman-teman yang baru pertama kali akan menyewa apartemen ,sebaiknya pastikan apakah terdapat AC yang sudah terpasang atau belum ,karena kalau harus membeli AC baru kita harus rela merogoh kantong sebesar 200000 yen dan belum termasuk biaya pemasangan .

di apartemen yang saya tempati sendiri sudah tersedia AC ,kompor gas ,toilet otomatis, dan lagi hanya 1 menit menuju halte bis ,4 menit menuju stasiun ,5 menit menuju pusat perbelanjaan ,2 menit menuju combini .

dari beberapa di atas ,itulah alasan mengapa saya cocok dengan apartemen sekarang ,kepraktisan yang hakiki .

jangan khawatir ,saat kita melihat  di internet pihak development sudah sangat detail menuliskan informasi apartemen yang akan kita tempati termasuk harga dan kondisi lingkungan nya.

setelah dirasa cocok ,pihak development memberikan persyaratan apa-apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk terjadinya kontrak antara klien dan pihak development

Dokumen yang diperlukan untuk cara menyewa Apartemen Di Jepang

apa saja dokumen yang diperlukan ;

  1. Pasport
  2. Residence Card ,ada baiknya masa berlaku residence card memiliki masa berlaku lebih dari 1 tahun ,guna memudahkan di ACC nya kontrak kita.
  3. hanko/inkan

apabila penghuni apartemen lebih dari 1 orang ,dokumen penghuni tambahan nya pun turut serta dilampirkan.

Apa itu hoshougaisha ?

selain di atas kita di wajibkan untuk memiliki kontrak dengan perusahaan penjamin atau dalam bahasa jepangnya 保証会社hoshougaisha.

Hoshougaisha akan berperan sebagai penjamin kalau-kalau di tengah jalan kita tidak bisa membayar uang sewa apartemen.

untuk hoshougaisha sendiri sepertinya development manapun mewajibkan kita memiliki kontrak dengan hoshougaisha untuk memudahkan terjadinya kontrak kita dengan development .

Saat saya menolak untuk tidak memakai jaminan dari hoshougaisha ,pengajuan saya untuk menyewa apartemen di tolak oleh development .

Biaya awal/Uang pertama saat menyewa Apartemen Di Jepang

setelah mengisi berbagai macam formulir dan surat kontrak ,kunci apartemen dan surat kontrak akan diserahkan pada saat hari H kita menempati apartemen tersebut.

berapa biaya yang saya keluarkan untuk terjadinya kontrak ini ;

Cara menyewa apartemen dijepang

sekitar 210000 yen

biaya sewa apartemen nya sendiri kalau di total-total dalam 1 bulan mencapai 63000 yen dengan type 1LDK atau 1 kamar tidur dengan living room ,dinning room and kitchen.

ditambah dengan biaya uang muka sebesar 56000 yen ,yang nanti nya akan digunakan saat kita keluar dari apartemen dan tidak perlu mengeluarkan biaya kebersihan dan perbaikan .

maklum di jepang ini kalau kita keluar dan selesai masa kontrak dari sebuah apartemen ,pihak development mewajibkan kita membayar biaya kebersihan dan perbaikan tergantung dari kebijakan masing-masing.

dari apartemen yang terdahulu ,saya di wajibkan membayar 50000 yen ,setelah 3 tahun saya menempati apartemen tersebut.

lalu ada biaya kontrak hoshougaisha sebesar 31000 yen ,biaya hoshougaisha ini dibebankan setiap 1 tahun sekali ,kalau tidak salah tahun berikutnya saya diwajibkan membayar sebesar 13000 yen .

biaya lainnya seperti jasa development itu sendiri yang sudah memberikan jasa kepada kita dan di wajibkan membayar biaya sebesar 31000 yen.

lalu biaya tetek bengek nya sampai sekitar 210000 yen ,memang cukup mahal saat kita akan pindah ke apartemen baru ,selain biaya kontrak yang mahal ,biaya jasa pindahan nya pun sangat mahal .

se-pengalaman saya ,saya harus merogoh kantong sebesar 50000 yen untuk menyewa jasa pindahan dari apartemen lama ke apartemen baru .

Maksimal waktu sewa Apartemen Di Jepang

ohh iya ,untuk menyewa apartemen ini saya hanya diperbolehkan menyewa apartemen paling lama 2 tahun ,lebih dari itu saya harus pindah dari apartemen tersebut ,atau kalau mau di perpanjamg saya di haruskan membayar 18000 yen untuk memperpanjang 2 tahun berikutnya  .dan saya rasa ini berlaku di semua perusahaan development yaa.

hidup di jepang ini meski dengan gaji yang besar namun biaya hidupnya juga sangat-sangat besar.

Penutup Cara menyewa Apartemen Di Jepang

berikut apartemen yang saya tempati saat ini ;

Cara menyewa apartemen dijepang

sebenarnya kami sangat betah sekali tinggal di apartemen ini ,selain praktis dan dekat dengan fasilitas umum ,tempat nya bersih dan nyaman.

namun karena si kecil akan harus belajar tidur sendiri ,suatu hari nanti kami harus mencari apartemen baru dengan 2 atau 3 kamar tidur persiapan untuk tempat tidur si kecil yang kedua heheee.

ohhh iyaaa ,biaya sewa apartemen ini kami mendapat tunjangan dari kantor suami sebesar 15000 yen dan dari kantor saya sebesar 10000 yen, meski sudah mendapat tunjangan ,masih dirasa mahal apabila dibandingkan dengan harga sewa kontrakan di indonesia heeeheeee.

Biaya apartemen di atas belum termasuk biaya bulanan lainnya lhoo ,seperti gas ,listrik ,air .. jadi kebayang dong bagaimana mahal nya hidup di jepang ini hmmm .

Terimakasih sudah berkunjung di cara menyewa apartemen dijepang.

Baca Juga Cara Mengurus Gensen

Leave a Reply

Your email address will not be published.