Categories
Informasi

Berhasil !! Cara Meningkatkan kecepatan blog ,speed test 100%

 

Pembukaan

Sebenarnya saya tergolong pemula yang terlalu berani sih buat bikin tulisan ini ,tapi semalam karena kesel juga browsing sana-sini untuk cari tahu cara meningkatkan kecepatan blog,

namun hasilnya saya malah nggak ngerti apa yang sudah saya kerjakan ,dan hasilnya blog saya semakin lelet akibat pasang plugin yang nggak berguna .

Tapi berkat Pagespeed insights dan petunjuknya buat supaya nggak lelet ,akhirnya saya berhasil membuat kecepatan blog saya sampai 100% .

Cek Lighthose arahan dari WordPress

Nah sebelum teman-teman memulai untuk melakukan eksperimen saya tentang cara meningkatkan kecepatan blog ,sebaiknya teman-teman check dulu kesehatan blog teman-teman dengan cara test menggunakan lighthouse arahan dari wordpress caranya yaitu dengan :

Buka laptop dan masuk ke google chrome lalu :

  • ketik alamat url blog teman-teman di address bar lalu enter
  • Setelah itu tekan alt + shift + I ,dan kalian akan menemukan layar seperti dibawah :
Cara meningkatkan kecepatan blog
Cara meningkatkan kecepatan blog

Layar di atas adalah setelah saya melakukan eksperimen saya mengenai cara meningkatkan kecepataan blog ,sebelum melakukan audit di lighthouse ,blog saya sangat-sangat tidak sehat ,semuanya merah seperti nggak ter-operate gitu .

Setelah teman-teman mendapatkan hasil layar di atas ,klik pada bagian generating operate/audit ,dan kalau hasilnya semua merah berarti blog tersebut sedang sakit .

Cek Kecepatan melalui Pagespeed Insight Google

Nah selanjutnya teman-teman check kecepatan blog teman-teman melalui pagespeed insights dari google ,kalau sudah di check dan kecepatan blog teman-teman dibawah 60% sebaiknya teman-teman tetap harus membaca tulisan saya sampai selesai karena sebelumnya kecepatan blog saya hanya 51% saja .

Biasanya pada hasil speed test yang dilakukan oleh google terdapat arahan agar memperbaiki kecepatan blog kita salah satunya adalah Remove Render blocking resources dan sudah ada juga petunjuknya dari wordpress support .

Instal Plugin untuk cara meningkatkan kecepatan blog

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang yaitu dengan menggunakan plugin :

  1. speed booster pack ,
  2. w3 total cache dan
  3. autoptimize ,nahhh dari experimen yang saya lakukan saya gagal untuk cara meningkatkan kecepatan blog dengan menggunakan plugin speed booster pack dan w3 total cache ,malah kecepatan blog saya menjadi 41% ,kritisss !

Instal Plugin Autoptimize

Cara meningkatkan kecepatan blog, akhirnya saya berhasil dengan cara menggunakan plugin autoptimize berikut setting yang saya lakukan pada plugin autoptimize .

Cara meningkatkan kecepatan blog sampai 100%

Nah setelah settingan selesai ,klik Save changes and Empty cache .

Instal Plugin AMP

Nggak berhenti sampai disitu ternyata kecepatan nya masih sekitar 60% saja ,setelah saya lihat petunjuk pada wordpress nya ,ternyata di akibatkan oleh blog saya yang tidak mobile friendly yang padahal saya sudah memasang Glue for yoast SEO and AMP , akhirnya wordpress menyarankan saya untuk memasang plugin AMP

Cara meningkatkan kecepatan blog
Cara meningkatkan kecepatan blog

Meski ratting nya masih 3,5 tapi menurut saya ,plugin AMP ini layak mendapatkan 10 bintang karena efek nya yang luar biasa ,bisa meningkatkan kecepatan blog saya sampai 81% .

Nah silakan instal pada dashboard blog teman-teman plugin AMP ini kemudian setting dengan cara seperti dibawah lalu save change :

Instal Plugin Smush Lazy Load

Nahhh ,masih belum puas dengan cara meningkatkan kecepatan blog di atas ,saya masih mencari cara tambahan untuk bisa menyempurnakan nya dengan petunjuk wordpress lain nya ,dan saya menemukan masalah dimana blog saya memerlukan plugin untuk mengoptimasi gambar agar dikompres sehingga menghasilkan ukuran gambar yang lebih kecil dan saran dari wordpress adalah saya diharuskan memasang plugin Smush lazy load yang mana adalah plugin yang sudah mendapatkan ribuan bintang 5 dari para penggunanya .

Cara meningkatkan kecepatan blog

 

Silakan di setting dari cara experimen saya kemudian klik Update setting

 

Cek Ulang Cara Meningkatkan Kecepatan blog

Naahhhh kalau sudah install ke 3 plugin yang sudah di sarankan oleh wordpress silakan ulang kecepatan blog teman-teman menggunakan pagespeed insights atau GTmetrix .meskipun banyak website yang menyediakan layanan speed test gratis ,namun saya lebih menyukai ke dua di atas karena satu sama lain hasilnya tidak terlalu berbeda jauh ,sebagai perbandingan lihat gambar dibawah :

Hasil speed test pagespeed insights untuk kecepatan desktop 100% dan mobile 97%

Cara meningkatkan kecepatan blog

Dan berikut hasil speed test dari GTmetrix

Cara meningkatkan kecepatan blog

Tidak berbeda yang terlalu signifikan dibandingkan dengan speed test tool yang lain .

Berhasil cara meningkatkan kecepatan blog !

Nahhh kalau sudah diperbaiki jangan lupa untuk kembali mengecek kesehatan blog teman-teman menggunakan lighthouse yang saya jelaskan di atas di google chrome masukkan alamat url di address bar dan klik Alt + shift + I lalu generating operate

Jadi kesimpulan nya adalah :

Selamat mencoba 😊

Bagaimana ,sudah dipraktekan ? Apa hasilnya memuaskan ? ,karena kecepatan blog juga mempengaruhi SEO jadi alangkah lebih baiknya cepat-cepat diperbaiki supaya traffic website tidak mengalami penurunan .

Untuk tekhnik SEO sendiri saya menggunakan plugin Yoast SEO ,saya juga sudah menulis pengalaman saya tentang cara menghijaukan Yoast SEO silakan untuk di kunjungi juga yaa ,dan terimaksih sudah membaca sampai akhir di tulisan saya tentang Cara Meningkatkan Kecepatan Blog ,semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published.