Categories
Informasi Japan Japan Experiences

Cara mengurus Residence Card (zairyuu card) anak di jepang

Pembukaan

Untuk yang berencana atau sudah melahirkan di jepang,sebagai orang asing tentunya kita harus memiliki beberapa document penting agar nanti nya tidak di permasalahkan sebagai orang asing yang tinggal di negara jepang.salah satunya adalah KTP jepang a.k.a residence card atau dalam bahasa jepang nya zairyuu card (在留カード) .Nah berikut saya akan menulis pengalaman saya tentang cara mengurus residence card dijepang untuk anak .

Cara mengurus residence card dijepang untuk anak ini terbilang mudah dan tidak lama juga menurut saya ,hanya membutuhkan waktu tunggu saja .

Document cara mengurus residence card dijepang ini harus diurus langsung ke pihak imigrasi maksimal 30 hari setelah kelahiran si kecil,

Persyaratan Mengurus Residence Card Jepang untuk anak

Apa saja yang perlu di persiapkan untuk mendapatkan kartu izin tinggal untuk si kecil, berikut persyaratan nya dan baca detailnya sampai habis yaa :

  1. Formulir Pendaftaran
  2. Surat kelahiran dari Rumah sakit atau Shiyakusho dijepang
  3. Kartu keluarga di Jepang
  4. Surat Keterangan bekerja orang tua
  5. Bukti data keuangan terakhir orang tua
  6. Residence Card orang tua
  7. Surat keterangan menikah
  8. Foto 3 x 4 untuk bayi tidak diperlukan

Detail Cara Mengurus Residence Card Jepang untuk anak

  • Formulir Pendaftaran  ,formulir ini bisa kita dapatkan melalui website disini atau di bagian imigrasi langsung.

contoh ini saya dapatkan langsung dari imigrasi berikut tata cara pengisiannya

Cara mengurus residence card dijepangCara mengurus residence card dijepang

 

  • Surat kelahiran 出生届 atau surat keterangan kelahiran yang dikeluarkan oleh shiyakusho atau city hall,出生届 (shusseitodoke) atau 出生証明書(shusseishoumeish, untuk mendapatkan surat ini katakanlah bahwa kita butuh surat tersebut untuk mengurus residence card si kecil di imigrasi,dengan begitu pihak shiyakusho akan langsung mengerti dan membuat sesuai apa yang di minta oleh kita.
  • Kartu keluarga di jepang atau dalam bahasa jepang nya 住民票 (jyuuminhyou) edisi terbaru dimana terdapat nama si kecil di dalamnya surat ini bisa di dapatkan saat kita melaporkan kelahiran si kecil di shiyakusho.
  • Surat keterangan bekerja (在職証明書) atau apabila mahasiswa bisa melampirkan surat keterangan beasiswa ,karena saya dan suami adalah karyawan disini ,kami melampirkan surat keterangan bekerja ,pada saat itu saya hanya mengajukan surat keterangan milik suami karena saya sedang dalam masa cuti melahirkan, meski begitu pihak imigrasi tidak mempermasalahkan hal tersebut .
  • (zankoushoumeisho)残高証明書 atau data keuangan terakhir kita di bank ,sebenarnya surat ini tidak diminta oleh pihak imigrasi saya pun padahal sudah menyiapkan dokumen tersebut tetapi urung di berikan ,niatnya hanya menjelaskan bahwa kita mampu menjamin kehidupan si kecil di jepang ,tetapi di tiap-tiap imigrasi mungkin berbeda-beda kebijakan ada baiknya dipersiapkan agar tidak ada kendala yang tidak diinginkan ,dokumen ini bisa kita dapatkan di costumer service di bank yang kita gunakan ,biasanya mengurus dokumen ini memakan  waktu sekitar 1-2 hari ,dengan membawa buku tabungan dan hanko serta mengisi formulir ,dokumen bisa dengan segera di proses .
  • Residence Card kedua orang tua.
  • Surat keterangan menikah, a.k.a Buku nikah 

lebih baik disiapkan saja barangkali dibutuhkan ,saya sudah menyiapkan tetapi pihak imigrasi tidak meminta nya.

  • Pasport kedua orang tua
  • Foto ukuran 3×4

tetapi untuk bayi tidak diperlukan, karena anak sampai usia 16 tahun tidak tercantum foto di residence card yang sudah jadi .

Ohh iya ,surat keterangan yang dibutuhkan diatas ada baiknya melampirkan copyan nya saja karena dokumen-dokumen yang sudah diserahkan tidak akan di kembalikan oleh pihak imigrasi, namun versi asli nya pun jangan lupa di bawa yaa .

Lama waktu Pengurusan

setelah dokumen cukup dan tidak perlu ada perbaikan kita di persilakan menunggu sesuai nomor antrian ,saya pada saat itu menunggu kurang lebih 2 jam dan residence card si kecil langsung jadi pada hari yang sama.

Cara mengurus residence card dijepang

masa berlaku residence card si kecil mengikuti residence card orang tua nya ,untuk anak saya karena yang mengajukan adalah saya jadi masa berlaku residence card si kecil mengikuti masa berlaku residence card saya.

Penutup

untuk yang berencana akan melahirkan di jepang ,selain residence card ada beberapa dokumen penting lain nya yang harus di urus di jepang simak disini  Proses mengurus dokumen pasca melahirkan di jepang

terimakasih telah berkunjung yaa ,semoga tulisan cara mengurus residence card dijepang untuk anak ini bermanfaat.

1 reply on “Cara mengurus Residence Card (zairyuu card) anak di jepang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.