Categories
Informasi Japan Japan Experiences

Cara mengurus GENSEN

Mengenai Gensen

ini saya akan mengulas artikel mengenai cara mengurus gensen di kantor pajak ,yang sebenarnya dalam bahasa jepang disebut 確定申告 (kakutei shinkoku) mungkin saja disetiap daerah ada beberapa kebijakan yang berbeda ,namun untuk wilayah yang akan saya bahas adalah wilayah perfektur aichi ,nagoya.

Persyaratan Mengurus Gensen

  1. Gensen
  2. Kartu Keluarga dalam bahasa jepang
  3. Bukti Pengirman Remittance
  4. Foto Copy Residence Card
  5. Buku Tabungan yang tertera Nomor Rekening
  6. Hanko

Pengalaman Mengurus Gensen sendiri

Gensen ini akan keluar 1 kali dalam satu tahun yaitu bulan desember, setelah pihak perusahaan mengurus pajak-pajak karyawan nya barulah gensen bisa kita peroleh bersamaan dengan slip gaji pada bulan desember.

gensen ini meski keluar 1 kali dalam satu tahun namun untuk pengurusan nya bisa dilakukan kapan saja ,saya pun baru mengurus gensen setelah 3 tahun lama nya ,

awal pertama saya mendapatkan gensen yaitu pada tahun 2016 dan baru pada 2019 saya mencairkan nya di kantor pajak.

Ohhh iyaaa cara mengurus gensen saya ini dilakukan sekaligus dari gensen tahun 2016 ,2017 dan sampai gensen tahun 2018.

Ulasan Detail dan lengkap Cara Mengurus Gensen

untuk pengurusan nya sendiri dilakukan di kantor pajak yang dalam bahasa jepang yaitu 税務署 atau zeimusho, berikut saya ulasan detailnya ;

1.GENSEN

2. Kartu keluarga

yang tercantum nama anggota keluarga yang akan mendapat tunjangan ,kartu keluarga ini di translate ke dalam bahasa jepang dan saat melampirkan dibutuhkan juga versi bahasa indonesia nya.

kartu keluarga yang diserahkan adalah kartu keluarga yang juga tercantum nama kita yaa .. jadi kartu keluarga adalah sebagai bukti bahwa kita mempunyai hubungan keluarga dengan si calon penerima tunjangan .

3. Bukti pengiriman keuangan seperti kyodai ,SBI atau jasa remittance lain nya.

4. Foto Copy Residence Card

5. Buku tabungan yang tertera nomor rekening kita

6. Hanko

Proses Wawancara Saat mengurus Gensen

Kalau dokumen sudah siap ,saatnya datang ke zeimusho ada baiknya langsung mengambil nomor antrian karena banyaknya warga jepang juga yang akan mengurus gensen jadi lebih baik disegerakan mengambil nomor antrian.

setelah nomor antrian datang ,kita dihadapkan dengan sesi wawancara seperti :

berapa pengiriman setiap bulan nya ?

siapa yang  akan mendapat tunjangan ?

untuk keperluan apa ?

apa profesi anggota keluarga yang menjadi tanggungan ?

dan masih banyak lagi.

saya sarankan lebih baik hati-hati dalam menjawab sesi wawancara ini ,karena kalau salah dan mencurigakan bukan tidak mungkin akan berujung di tolaknya pengajuan pencairan gensen kita.

namun se-pengalaman teman ,beda pewawancara beda pula keganasan nya, menurut informasi yang saya dengar bahkan ada yang mengharuskan menunjukan bukti pengiriman sebesar 30 juta dalam satu tahun ,karena teman saya hanya mengirim beberapa juta saja dalam rentang waktu satu tahun itu akhirnya petugas pajak menolak untuk mencairkan gensen milik teman saya itu ,karena dianggap belum layak untuk mendapatkan potongan pajak negara .

tetapi lain hal dengan saya ,saya hanya di suruh menunjukan dokumen yang diperlukan seperti ,apakah kartu keluarga yang di translate ke dalam bahasa jepang sama dengan versi asli nya ,dalam hal ini bahasa indonesia nya ,itu mengapa saat menyerahkan dokumen dibutuhkan pula versi asli nya .

Tidak ada pertanyaan lain yang di ajukan oleh petugas saat itu ,semuanya benar-benar dimudahkan .

Jumlah bukti pengiriman saat mengurus Gensen

Ohh iyaaa karena pada tahun 2016 dan 2017 saya menunjukan bukti pengiriman ke 2 orang keluarga ( adik dan ibu ) maka pada tahun tersebut saya diperboleh kan mendaftarkan penerima  bantuan dana untuk 2 orang ,tetapi berbeda dengan tahun 2018 saya hanya mengirimkan biaya tanggungan ke ibu saja jadi pada tahun 2018 saya hanya di perbolehkan mendaftarkan tanggungan 1 orang .

Baca Juga Langkah-Langkah menyewa apartemen di jepang

Dan lagi pada tahun 2017 padahal saya hanya mengirim 1 kali pengiriman sebesar 10.000 yen saja kepada adik saya ,tetapi petugas pajak sama sekali tidak mempermasalahkan hal tersebut .

selebihnya tidak ada hal yang merumitkan saat saya menjalani sesi wawancara ,semuanya di mudahkan Alhamdulilah.

Langkah-langkah saat persyaratan gensen sudah lengkap

setelah sesi wawancara selesai, kita disuruh mengisi formulir seperti dibawah ;

Cara mengurus gensen

Cara mengurus gensen

Atau bisa di download disini ,ada dua macam jenis formulir ,jenis A dan B ,kalau saya biasa mengurus yang jenis B .

Formulir diatas berisi nama anggota keluarga yang akan mendapat tunjangan ,tahun gensen yang akan di daftarkan ,nomor rekening ,alamat dan lain-lain.

setelah dokumen semua terisi dan diserahkan kepada petugas kantor pajak ada baiknya kita banyak-banyak berdoa agar pencairan gensen bisa segera di ACC heheeee..

Kapan Gensen cair ?

naaahhh setelah menunggu sekitar 3 bulan ,sejak saya mendaftarkan diri pada februari 2019 ,gensen saya cair pada mei 2019.

berikut adalah pemberitahuan dari kantor pajak bahwa dana gensen telah di transfer ke nomor rekening yang ditulis saat pendaftaran.

Cara mengurus gensen

Terimakasih atas kunjungan nya ,semoga bermanfaat 😉

 

10 replies on “Cara mengurus GENSEN”

Maaf mkn, numpang tanya. Saya juga sudah urus sendiri gensennya. Dan udah dapat surat pemberitahuan pengembalian sperti contoh foto yg ad di postingan admin ini. Tapi kok besaran gensennya gak ada ditulis dan uangnya kok belum masuk ke ATM min. Itu kenapa ya?

Mau nanya, apakah gensen ini bisa di urus kapan saja (dari bulan januari-desember)?
Kebetulan ini udah mau bulan juni, tapi baru dapat informasi.. mohon bantuannya ..

Selamat sore ,terimakasih sudah berkunjung ,teman saya untuk gensen tahun 2019 di urus bulan januari kalau nggak salah dan uang masuk di bulan februari ,mungkin bisa … nggak ada salah nya di coba saja mbak …

saya mulai bekerja mulai 2019, tapi saya mulai mengirim uang mulai tahun 2020 apakah saya tetap bsa mencarikan gensen 2019 saya?

maaf mau bertanya, saya mulai bekerja tahun 2019, tapi saya mulai mengirim uang tahun 2020 apakah saya tetap bisa mencarikan gensen 2019 saya jika saya tidak pernah mengirimkan uang di bulan 2019.

terimakasih kunjungannya ,bisa mengurus gensen yang tahun 2020 ,dan gensen 2020 baru bisa di urus tahun 2021 ,untuk yg 2019 tidak bisa karena tidak ada data pengiriman uang ,semoga bermanfaaat 🙂

Mau tanya Bung, sy baru kerja pada bulan September 2019, bagaimana cara mengklaim gensen 2019 setelah bekerja hingga Juni 2020 sekarang.

Mohon maaf ,mulai bekerja pada bulan september 2019 apakah pada desember 2019 menerima kertas gensen dari kantor ? Kalau menerima bisa diurus seperti pengalaman yang saya lakukan ,tapi kalau tidak menerima berati gensen tidak bisa diurus karena baru bekerja beberapa bulan ,adapun pengurusan gensen dilakukan dengan akumulasi 1 tahun bukan bulan ,bukan seperti yang bapak sebutkan dari september ke juni ,melainkan bisa di urus dari september ke desember itu pun kalau menerima kertas gensen ,tapi kalau tidak menerima ,bapak akan menerima pada desember 2020 ,adapun menurut kabar yang beredar tahun reiwa ini tidak lagi menggunakan kertas gensen untuk pengurusan gensen namun langsung ke zeimusho menggunakan my number ,lebih jelas ny silakan tanyakan ke bagian zeimusho saja pak ,semoga jawaban saya membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published.