Categories
Informasi

Cara Setting Yoast SEO

Pembukaan

Artikel yang akan saya bahas kali ini adalah cara setting yoast seo seperti gambar dibawah

Awalnya saya sempat kesal juga ,setiap menulis artikel tidak pernah menjadi berwarna hijau ,selalu merah atau hanya sekedar orange saja .

Maklum saya sebenarnya adalah pemula sangat sangat pemula ,masih dalam proses belajar untuk mengembangkan blog saya .

Nah untuk yang pemula sama seperti saya ,dan belum memahami bagaimana cara menghijaukan yoast seo ,

saya akan menuliskan beberapa pengalaman saya tentang cara menghijaukan yoast seo .

Daftar Analysis dalam Cara setting Yoast SEO

Berikut daftar yang harus dihijaukan pada unsur yang terdapat di dalam analysis yoast SEO

  • Outbonds links dan Internal Links artinya kita harus memberikan backlink lain dan memasukkan link artikel kita di dalam tulisan kita ,contohnya ketika saya menulis artikel Cara agar blog di terima adsense didalamnya saya selipkan link berisi ” kebijakan program adsense” contonya silakan klik tulisan saya ,dan begitu juga dengan memasukkan internal link ,kita harus setidaknya terdapat 1 link artikel milik kita sendiri yang terselip ditulisan yang akan kita buat .
  • Keyphrase in introduction adalah kata kunci yang di selipkan pada tulisan paragraf pertama artikel kita .

Contoh :

Saya menulis artikel Tips memilih mainan penunjang perkembangan anak nah didalam tulisan tersebut kata kunci yang saya masukkan adalah ” mainan perkembangan anak ” karena kata kunci maksimal yang harus di masukkan pada plugin yoast seo adalah 4 suku kata ,makanya saya tidak bisa memasukkan kata kunci yang sama persis dengan judul ,oleh karena nya saya ambil tengah nya saja ,jadi di paragraf pertama saya menuliskan pembukaan begini :

Artikel kali ini saya akan membahas mainan penunjang perkembangan anak yang dapat menunjang kecerdasan nya ……………

Nah ,pembukaan di paragraf pertama tulisan saya terdapat kata kunci yang saya masukkan bukan ? ,untuk lebih jelasnya silakan di KLIK artikel nya ya .

  • Keyphrase in meta description kotak meta deskripsi berfungsi ketika artikel kita muncul di google yang mana akan mewakili 24 suku kata yang menggambarkan isi singkat dari artikel yang kita tulis ,itu mengapa kita harus sekreatif mungkin agar 24 suku kata yang mewakili tulisan kita bisa menarik pembaca untuk mau berkunjung ke blog kita .

Contoh :

Saya menulis artikel dengan judul Perkembangan Anak usia 6-9 bulan ,dengan memasukkan kata kunci ” perkembangan anak 6-9 bulan “ Lalu di dalam kotak meta deskripsi saya harus mencantumkan kata kunci tersebut di tambah dengan deskripsi singkat mengenai tulisan yang saya buat seperti :

Kalau kotak meta deskripsi kita terlalu panjang atau pendek ,maka keyphrase in meta description nya hanya akan berwarna orange dengan attention meta description length ,dan kita harus menghapus atau menambakan deskripsi nya sampai garis nya berwarna hijau atau sampai attention nya hilang .

  • SEO tittle width kolom SEO tittle ini berada di atas meta box description yang mana berfungsi sama seperti meta deskripsi ,mewakili setidaknya beberapa suku kata yang akan muncul di pencarian google .
Cara menghijaukan yoast SEO

Di dalam SEO tittle harus juga terselip kata kunci ,dan sedikit deskripsi tidak boleh terlalu panjang atau pendek ,dan lagi kata kunci atau keyphrase nya harus di letakkan di awal ,tidak boleh ditengah atau di akhir .

  • Keyphrase density adalah dimana kata kunci yang telah kita masukkan pada SEO setidaknya harus berada di dalam artikel yang kita tulis tergantung dari panjang pendek nya tulisan kita ,tulisan saya yang berjudul Tips dan solusi agar wajah kusam dan noda hitam bekas luka bakar hilang dengan panjang artikel 1465 kata saya harus memasukkan kata kunci ” Menghilangkan bekas luka bakar ” sebanyak minimal 5 kali .

Jadi saya harus berulang kali memasukkan kata kunci di awal ,di tengah ,dan di akhir sebanyak 5 kali ,untuk tahu berapa kali kata kunci yang harus dimasukkan ,terdapat notifikasi di bagian seo analysis dan analysis result .

Cara menghijaukan yoast SEO

Nah ketemu dong tulisan ” the focus keyphrase was found 5 times “ itu artinya kita sudah berhasil memasukkan kata kunci yang di minta, jadi nggak repot harus menghitung segala ,kalau sudah hijau tandanya kita sudah berhasil menulis jumlah kata kunci yang diminta .

  • Keyphrase in slug slug ini berada persis di atas meta box deskripsi dan di bawah SEO tittle ,jadi di kotak slug ini juga kita harus memasukkan kata kunci agar emoticon yoast seo kita berwarna hijau .
  • Image ALT Atribut artinya kita harus memasukkan Alternatif teks pada gambar yang ada di tulisan kita ,kalau untuk wordpress sendiri ketika kita mengupload gambar pada tulisan kita sudah tersedia kolom alternatif teks, sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunakan plugin lain untuk memasukkan alternatif teks pada gambar yang akan di selipkan di tulisan kita .

Untuk tulisan alternatif teks nya sendiri saya sarankan gunakan teks yang berhubungan dengan kata kunci yang kita masukkan ,tidak perlu panjang ,agar sesuai dengan artikel yang kita tulis .

  • Text length di sini setidaknya kita harus menulis 800 suku kata agar yoast seo kita berwarna hijau .

Berhasil !

Naaahhh ,kalau semua sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan dan sesuai dengan syarat dari yoast SEO sendiri , emoticon sudah akan dipastikan berwarna hijau .

Cara menghijaukan yoast SEO

Dan pada analysis result pun dari ke 13 syarat yang di ajukan sebisa mungkin harus menjadi berwarna hijau ,supaya artikel kita masuk dalam daftar SEO ,atau daftar pencarian google .

Ohhh iyaaa ,dalam memasukkan kata kunci pada meta box ,SEO Tittle ,slug ,atau pada paragraf pertama di artikel yang kita tulis pastikan kita sudah memasukkan kata kunci dengan benar tanpa kurang satu huruf pun ,karena kurang satu huruf saja attention berwarna merah dan orange akan tetap menyala itu artinya Yoast SEO tidak bisa mendeteksi adanya kata kunci yang telah kita masukkan pada kolom meta box ,SEO Tittle atau slug ,jadi harap diperhatikan yaa .

Selengkapnya tentang yoast SEO ,dan teman-teman juga bisa mencoba versi premium nya .

Peringkat di SEO Google

Meskipun sudah berhasil dengan cara Setting Yoast SEO ,saya tidak bisa menjamin artikel yang teman-teman tulis akan berada pada tingkat pertama di kolom pencarian google ,karena nyatanya blog saya pun belum pernah berada paling atas di dalam kolom pencarian google ,tapi yang namanya usaha harus tetap dilakukan ,iya nggak sih ?

Praktek !

Okehhh tulisan saya dengan judul Cara Menghijaukan Yoast SEO ini sudah berhasil menjadi warna hijau ,itu artinya sudah boleh di publish dan harapan nya bisa bermanfaat bagi pemula seperti saya 😊

Nahh sekian tulisan dari saya terimaksih banyak sudah berkunjung ,dan jangan lupa untuk mengunjungi juga tulisan saya yang lain yaa 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.