Categories
Informasi

Kontribusikan diri anda untuk google map dan tingkatkan poin nya

Tentang Local Guide

Sejak google map diluncurkan pada 8 februari 2005 dan saya menggunakan google map sejak tahun antara 2013-2014 baru tahun 2020 saya mengetahui adanya sebuah program dari google dengan nama Local Guide .Nah kali ini saya akan menulis artikel tentang berkontribusi menjadi local guide dan keuntungan dari berkontribusi menjadi local guide .

Apa itu local guide ?

yang adalah program untuk memberikan konten di google map berupa ulasan ,foto ,video ,rating untuk suatu tempat guna membantu dan memberitahu kepada orang-orang di seluruh dunia tentang tempat yang telah kita kunjungi untuk nantinya menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi siapa saja yang akan maupun ingin berkunjung ke tempat yang telah kita kunjungi.

Dengan niatan ingin membantu dan semoga nanti nya bisa bermanfaat bagi siapa saja orang-orang diseluruh dunia ,saya pun mencoba ikut dalam program yang di adakan oleh Google ini .

Komunitas Local Guide

Jadi Local Guide sendiri sudah punya komunitas dan forum online  nya yang bisa kita lihat pada  Local Guide Connect 

disana banyak sekali teman-teman yang sudah banyak memberikan kontribusinya kepada google map dan mungkin juga kepada kita semua ,berkat mereka kita jadi mengetahui tentang informasi tempat yang akan kita kunjungi melalui ulasan dan foto yang mereka tulis dan publikasikan kepada dunia.

Saya sendiri pun merasakan sekali manfaat dari apa yang mereka tulis dan share fotonya pada  google map .

Jadi apa yang kita dapatkan apabila bergabung menjadi local guide untuk memberikan kontribusi nya kepada google map ?

Mengapa perlu menjadi Local Guide ?

Kalau teman-teman berharap akan mendapatkan uang dan gaji bulanan dari google mungkin akan ada banyak kecewa disetiap hari nya ,tapi jika teman-teman berniat akan memberikan kontribusi dengan semangat memberikan manfaat dari hal kecil kepada dunia maka nantinya dunia pun akan turut memberikan manfaat untuk teman-teman .

dengan mengkontribusikan diri kita kepada google map nanti nya ada setiap poin yang kita dapatkan untuk dikumpulkan guna mencapai level-level yang telah di tentukan oleh google sendiri .

Semenjak menjebloskan diri untuk menjadi local guide ,saya kecanduan untuk terus meningkatkan pundi-pundi poin, layaknya kecanduan main game yang terus berusaha untuk mendapati level tertinggi .

Sebelum mengulas apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan poin dari google map .saya akan memberitahu sedikit tentang tata cara mendaftarkan diri untuk menjadi local guide .

Cara menjadi Local Guide

Pastikan teman-teman memiliki account gmail sebagai syarat mendaftarkan diri menjadi Local Guide ,dan daftar disini

Klik pada tautan daftar menjadi local guide dan masukan account gmail teman-teman.

Ikuti petunjuk yang ada dan setelah terdaftar sebagai local guide teman-teman akan mendapatkan email dari Google local guide seperti dibawah :

Setelah itu teman-teman bisa memulai kontribusinya .

Untuk memberikan kontribusi lain, teman-teman juga bisa membuka aplikasi google map dan klik menu yang ada di kiri atas dan pilih kontribusi anda 

Menambahkan poin pada Google Map

Lalu bagaimana agar poin dapat terus melesat sampai level tertinggi ?

Teman-teman hanya perlu memberikan review ,foto ,video ,rating ,menjawab pertanyaan pengunjung dan lain-lain pada tempat yang telah teman-teman kunjungi atau bahkan teman-teman pun bisa menambahkan tempat yang belum terdaftar pada google map .

Untuk jumlah poin yang didapatkan bisa beraneka ragam seperti menambahkan foto 5 poin, memberikan rating bisa mendapatkan 1 poin ,mereview tempat 10 poin dan apabila teman-teman menuliskan review lebih dari 200 karakter, google akan memberikan bonus 10 poin lagi ,jadi apabila teman-teman memberikan rating, menuliskan review lebih dari 200 karakter dan menambahkan 1 foto berati teman-teman sudah mendapatkan 26 poin untuk 1 tempat dan hanya menyita waktu sekitar 0,001 % dari total 24 jam waktu yang kita punya dalam satu hari namun manfaat nya luar biasa kepada dunia.

Saya sendiri sejak bergabung beberapa waktu lalu sudah berhasil mengumpulkan 1595 poin ,berada pada level 6 dan sedang berjuang keras untuk sampai pada level 7 yang kurang lebih masih membutuhkan sekitar 3500 poin lagi .

Berkontribusi menjadi local guide

Selain poin dan level ,google map juga menilai pencapaian kita dengan Badge .

Badge adalah

apa itu badge ?

Badge adalah simbol-simbol yang dengan pencapaian-pencapaian yang sudah didapat oleh local guide ,sebagai contoh ketika A adalah reviewer baru tentu google akan memberikan badge reviewer baru pada account local guide nya ,dan apabila A telah banyak berkontribusi dengan banyak mengirimkan foto pada google map maka A juga berhak mendapatkan badge fotografer dengan level yang berbeda -beda dan syarat serta ketentuan yang telah di tentukan oleh google, lebih jelas nya silakan lihat dibawah :

Berkontribusi menjadi local guide Berkontribusi menjadi local guide Berkontribusi menjadi local guide

 

Dari Google untuk para Local Guide

Fahmi Adimara ,adalah Local Guide asal indonesia yang telah mendapatkan penghargaan dari Google Map karena telah mengkontribusikan dirinya pada google map dengan kreatifitas nya .

Penghargaan yang didapat adalah ia mendapat undangan dari google map untuk pergi ke Amerika guna menghadiri Local Guide Summit yang di adakan setiap tahun nya secara GRATIS .

Bukan hanya itu ,jika kita bergabung dan memperluas jaringan pertemanan dengan sesama Local Guide seluruh dunia melalui Local Guide Connect ada banyak sekali teman-teman yang sudah mendapatkan kejutan-kejutan kecil dari Google map seperti voucher belanja ,voucher diskon penginapan di hotel ,bahkan voucher tiket pesawat .

Tentu saja dengan pencapaian yang telah mereka lalui dengan kontribusinya meluangkan waktu dan menuangkan ide serta ulasan-ulasan unik nya .dan disini saya akan mengatakan bahwa hasil tidak akan pernah lupa dengan kerasnya usaha .

Dan ini adalah yang saya maksud ,jika kita memberikan manfaat pada dunia ,maka dunia pun akan memberikan manfaat kepada kita .

Dengan berkontribusi pada google map itu sama seperti hal nya kita membuang sampah pada tempatnya ,walaupun hal kecil tapi bermanfaat besar pada dunia .

Untuk lebih jelasnya silakan teman-teman berkunjung ke situs resmi Local Guide disini

Berikan ber-Kontribusi terbaikmu untuk menjadi Local Guide

Ohhh iyaaa ,berikanlah kontribusi teman-teman secara sehat yaaa ,jangan sampai account local guide kalian di hapus karena telah melanggar kebijakan yang telah di buat Google Map .

Baca disini untuk mencegah agar account local guide kita dihapus secara sepihak oleh pihak google map .

Pastikan juga teman-teman tergabung dalam komunitas dan forum online Local Guide Connect untuk mengetahui kebijakan Google terbaru sekaligus memperluas jaringan pertemanan .

Terimakasih sudah berkunjung di tulisan saya berkontribusi menjadi local guide semoga bermanfaat ,dan silakan kunjungi juga Cara supaya blog di terima oleh google adsense 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.